Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Deskripsi

PalembangtalkPengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya – Saat kalian sedang membaca sedang membaca artikel, buku ataupun majalah, terkadang pasti kalian pernah menemukan teks deskripsi. Teks tersebut menjelaskan sebuah informasi yang sangat lengkap, sehingga para pembacanya bisa mengerti apa yang ada di dalam topik tersebut yang sedang dibahas. Mengapa harus dibuat kalimat deskripsi? Dan apa saja jenis-jenisnya? Buat kalian yang belum tahu apa itu teks deskripsi, tujuannya, jenis-jenisnya dan juga contohnya, silahkan kalian simak artikel yang akan admin bagikan berikut ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Teks deskripsi adalah salah satu paragraf yang berisi penjelasan dengan lengkap ataupun singkat mengenai topik yang sedang dibahas. Biasanya isi dari paragraf tersebut menjelaskan nama tempat, peristiwa yang sedang terjadi, dan juga objek yang bersangkutan, dan yang lain sebagainya, sehingga para pembaca dapat memahami dari penggambaran yang ada di dalam topik tersebut.

Dari isi deskripsi yang dibuat tersebut, para pembaca akan ikut merasakan apa yang ingin diungkapkan nya yang ada di dalam teks tersebut. Mereka juga akan memahami secara singkat mengenai tentang topiknya, sehingga mereka tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mempertimbangkan dan melanjutkan isinya.

Tujuan Teks Deskripsi

Buat kalian yang belum tahutujuan dari dibuatnya deskripsi tersebut yaitu tidak sama dengan jenis teks yang lainnya, karena memiliki teks khusus. Tujuannya seperti yang sudah sempat admin bahas di atas, yaitu orang yang akan membaca teks deskripsi tersebut bisa merasakan langsung apa yang sudah sebenarnya terjadi di dalam topik tersebut. Misalnya kalian sedang mencari buku. Di awalnya kalian penasaran dengan sebuah buku dan kalian ingin mencari tahu isinya dan juga mengenai cerita tentang apa. Nah, setelah kalian melihat deskripsinya, maka kalian akan mengira-mengira atau juga menggambarkan dengan singkat bagaimana isinya. Tentu saja hal itu dapat menjadi pertimbangkan apakah apabila kalian membelinya atau tidak.

Baca Juga : Pengertian Karmina, Ciri-Ciri, Beserta Contoh Karmina

Jenis Teks Deskripsi

Teks ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan satu dengan yang lainnya. Akan tetapi, terdapat beberapa sumber yang dapat di peroleh, teks deskripsi ini juga memiliki 3 jenis yang utama.

1. Teks paragraf deskripsi subjektif

Jenis teks ini adalah salah satu paragraf deskripsi yang didalamnya berisi tentang kesan-kesan penulis dari cerita yang dibuatnya. Maksudnya adalah yaitu para penulis akan memberikan gambaran pada umumnya yang terhadap topik yang sedang dibahas berdasarkan dari kesan-kesannya.

2. Teks paragraf spatial

Berbeda dengan jenis sebelumnya di mana paragrafnya merupakan gambaran dari penulisnya. Untuk yang satu ini, teksnya berupa gambaran penjelasan mengenai tempat, benda, ruangan yang digunakan, dan sebagainya. Tidak semuanya dimasukan ke dalam penjelasannya, sehingga paragrafnya dibuat lebih singkat.

3. Teks paragraf objektif

Selanjutnya yaitu Teks paragraf objektif. Teks ini disediahkan cerita singkat mengenai tentang keadaan objek dalam topiknya. Dan tidak ada sama sekali pada penambahan kalimat-kalimat yang berasal dari penulis yang membuatnya.

Baca Juga : Pengertian Kata Arkais, Makna, Beserta Contohnya

Contoh-contoh Teks Deskripsi

Buat kalian yang belum mengerti, ada baiknya kalau juga harus mengetahui contoh-contohnya berikut ini :

1. Teks deskripsi dalam bahasa Indonesia

Aku memiliki seekor anjing yang bernama Moly. Bulunya sangat halus dengan warnanya dominan putih disertai hitam. Moly memiliki ekor yang lumayan panjang dan sedikit melengkung. Pada saat aku melihatnya, wajahnya sangat lucu dan sangat menggemaskan. Makanan kesukaan Moly adalah nasi, sehingga dia tidak pernah tersisa sekali pun. Pada saat Molly sudah mulai merasa lapar, Molly akan mengeong supaya bisa diberi makan.

Sedangkan dalam versi bahasa Inggrisnya

I had a dog namedNero. His furisshortand his colourisblackandwhite, withblack as predominantcolour. Neroisveryactive, especiallyatafternoon. His favouritefoodis salmon fillet.

Mungkin dari penjeleasan yang admin bagikan diatas, pasti kalian sudah paham mengenai teks deskripsi tersebut. Demikian ulasan mengenai Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya. Semoga bermanfaat dan ikuti terus artikel ini, supaya kalian bisa melihat informasi menarik lainnya yang akan admin bahas. Terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *