Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri Ciri, dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Teks Eksplanasi

PalembangtalkPengertian Teks Eksplanasi, Ciri Ciri, dan Contoh Kalimatnya – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Teks Eksplanasi. Admin akan membahas mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contohnya. Untuk itu, silahkan kalian simak ulasan yag akan admin bagikan berikut ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Eksplanasi berasal dari bahasa Inggris Eksplanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Pengertian teks eksplanasi secara istilah merupakan sebuah paragraf yang di dalamnya memuat informasi mengenai sebuah tahapan “mengapa” dan “bagaimana”.Di dalam teks eksplanasi tersebut meliputi beberapa peristiwa. Sedangkan peristiwa yang dijadikan untuk teks eksplanasi secara umum terdiri dari peristiwa alam, sosial, budaya, dan juga ilmu pengetahuan.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ini ciri-ciri merupakan teks eksplanasi :

  1. Berbeda dengan teks yang lainnya, karena teks eksplanasi tersebut biasanya dapat dibuat berdasarkan dengan sebuah fakta. Selain itu teks ini juga dibuat apa adanya, tanpa harus melebih lebihkan. Oleh karena itu dapat dibilang teks eksplanasi jauh dari unsur fiksi.
  2. Fakta informasi yang ada di teks eksplanasi ini yang ada umumnya bersifat sangat ilmiah. Atau bisa dibilang sejalan dengan ilmu pengetahuan yang ada.
  3. Wajib buat kalian untuk belajar ketahui jika teks eksplanasi dibagi ke dalam 3 jenis struktur. Yang pertama yaitu pernyataan umum, kemudian struktur keduanya yaitu karena akibat dan struktur ketiganya adalah interpretasi.
  4. Teks eksplanasi ini menggunakan sequencermarkers. Yang artinya teks eksplanasi ini akan menjelaskan dari setiap step by step dari pertama, kedua, ketiga dengan menggunakan kata pertama, kemudian diakhiri dengan kata berakhir.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Berikut ini contoh dari Contoh Teks Eksplanasi Singkat Disertai dengan Struktur :

Peristiwa Gunung Meletus

Pernyataan Umum

Reaksi Gunung meletus adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena adanya endapan magma yang ada di bagian perut bumi. Gas yang ada di dalam perut bumi kemudian disemburkan dengan kekuatan yang sangat besar. Latusan gunung berapi adalah salah satu bencana alam yang luar biasa dan amat besar.

Di Indonesia terdapat beberapa  gunung berapi yang masih aktif yaitu di antaranya Gunung Krakatau, Toba,  merapi, Tembora dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Hikayat, Ciri ciri, Unsur dan Contohnya

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Dikarenakan adanya hubungan dengan batas lempeng bumi secara langsung, maka sebagian aktifitas gunung juga bisa dikaitkan dengan zona gempa yang terbilang aktif. Terdapat sebuah tanda yang dapat dikenali sebelum sebuah gunung berapi meletus yaitu dengan adanya aktifitas seperti berubahan suhu dan tekanan yang lumayan tinggi di batas lempeng bumi tersebut. Hal itu menyebabkan terdapat berbagai material berupa batuan di sekitar gunung merapi yang meleleh.

Secara umum, batuan yang meleleh disebut juga dengan magma atau cairan pijar. Material yang terdapat di sekitarnya akan diinstruksi oleh magma tersebut melewati rekahan yang mendekati pada bagian permukaan bumi. Cairan pijar atau magma yang terbentuk pada bagian perut bumi lantaran di dalam perut bumi tersebut suhunya sangat panas. Karena dengan adanya material-material tersebut, kemudian gas tersebut akan dikirimkan sehingga tercampur dengan magma.

Pembentukan magma terdapat pada kedalaman sekitar 60 hingga dengan 120 km di bawah permukaan bumi. Lalu di sekitar kawah tedapat sebuah magma yang memiliki kandungan gas. Letak magma tersebut ada di bawah tekanan batu-batuan. Tekanan tersebut akan mengakibatkan Magma dan gas tersebut akan meledak di dalam waktu yang bersamaan. Maka akan menimbulkan lubang utama. Maka dari lubang itulah terdapat banyak materi vulka nik yang dimunculkan.

Dan saat semburannya selesai, maka area puncak tersebut akan terlihat layaknya mangkuk yang merupakan kawah. Lubang utam tersebut akan berada dalam dasar kawah. Gunung berapi yang meletus tersebut akan menyebabkan dampak positif dan juga negatif bagi masyarakat sekitar. Dan sekitarnya juga ditemukan sumber daya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu menyediakan wisata alam energi panas bumi yang lagi lagi bisa memberikan pemasukan tambahan untuk masyarakat yang ada di sekitarnya.

Dan untuk hasil negatifnya, letusan tersebut dapat memberikan efek langsung dan tidak langsung untuk masyarakat sekitar. Efek tersebut yaitu marabahaya dan juga ancaman untuk makhluk hidup. Sementara efek atau yang tidak langsung yang dihasilkan yaitu area perkebunan menjadi rusak, adanya hujan lahar, dan dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit seperti saluran pernapasan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Konjungsi Penerang, Pengertian, Arti, Jenis, Beserta Contoh Kalimat

Interpretasi

Oleh karena itu, hingga saat ini di antaranya yaitu bencana yang lumayan mengerikan untuk masyarakat yaitu gunung meletus. Kehebatan dari letusan gunung berapi juga bisa memecah pulau dan juga menciptakan danau.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri Ciri, dan Contoh Kalimatnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *