Teknik Dasar dan Peraturan Olaraga Futsal

Teknik Dasar dan Peraturan Olaraga Futsal

PalembangtalkTeknik Dasar dan Peraturan Olaraga Futsal – Cabang olahraga futsall pastinya sudah familiar bagi ditelinga masyarakat indonesia. Futsal itu adalah olahraga sepak bola mini yang dimana untuk jumlah pemain inti sebanyak 5 orang. Olahraga tersebut olahraga dalam ruangan dikarenakan biasanya dimainkan di mini lapangan yang diposisikan dalam ruangan.

Futsall sangat banyak digeluti dikarenakan termasuk cabang olahraga yang tidak banyak memerlukan pemain dan dimainkan di dalam ruangan sehingga tidak perlu khawatir akan adanya panas dan hujan. Dalam pemaparan yang dibagikan kali ini akan disampaikan mengenai teknik dasar olahraga futsal.

Teknik Dasar Olahraga Futsal

Teknik Dasar dan Peraturan Olaraga Futsal

Membahas mengenai futsall tentu diperlukan dari teknik dasar yang digunakan. Secara global teknik dasar futsall mirip dengan teknik dasar sepak bola. Kepada pemain futsall seharusnya menguasai 7 teknik dasar yang utama, yaitu :

1. Mengumpan

Teknik dasar dari cabang olahraga futsall ini harus menguasai yang pertama adalah memberikan mengumpan passing. Dibagian kaki yang akan digunakan untuk megumpan bola tersebut adalah kaki bagian dalam. Dimana ketika mengumpan jarak antar kepemain harus diperhatikan supaya bola tersebut tidak melenceng jauh.

2. Menahan bola

Dilanjutkan dengan teknik yang harus dikuasai itu menahan bola. Untuk menahan bola bisa saja dilakukan dengan melakukan telapak kaki atau sole. Menahan oleh telapak kaki dipermudah dan bola tidak bisa direbut oleh pemain lawan.

3. Menggiring bola

Menggiring bola itu teknik futsall yang diwajibkan dikuasai oleh seluruh setiap pemain. Langkah tersebut mendrible bola bisa digunakan oleh kaki bagian dalam ataupun depan.

Bahkan, mendrible bola tentunya bisa dilakukan dengan menggunakan telapak kaki bagian belakang.

4. Menyundul bola

Pergerakan menyundul bola bisa saja bisa dibantu menggunakan dahi atau kepala bagian atas. Teknik yang diberikan ini jarang dipergunakan kecuali jika bola dilambungkan keatas dengan tinggi dan sulit dijangkau oleh kaki.

5. Penjaga gawang

Seseorang penjaga gawang diharuskan menguasai teknik memberi umpan dan menangkap bola secara baik. Tanggung jawab penjaga gawang sangat diperlukan agar tim bisa menang tanpa adanya kebobolan gol.

Baca Juga : Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Peraturan Permainan Cabang Olahraga Futsal

Seperti yang sudah informasikan bahwa permainan futsal mirip dengan sepak bola hanya saja membedakan oleh peraturannya saja.

Secara umum yang diketahui, peraturan futsall yaitu :

1. Ukuran lapangan

Lapangan futsall diukur jauh lebih kecil daripada lapangan sepak bola, dari segi pertandingan berskala nasional dan internasional memiliki ukuran panjang lapangan maksimal 42 meter dengan lebarnya 25 meter, namun untuk lapangan futsal biasanya dipergunakan dikisarkan 25 meter x 38 meter.

2. Syarat bola

Bola yang dipergunakan yang dimainkan oleh pemain futsall pada sebuah pertandingan nasional maupun internasional harus memiliki diamater minimal 62cm dan maksimalnya 64 cm. sedangkan untuk sisi beratnya saja antara 400 sampai 440 gram. Jika bola tersebut mengalami kerusakan pada saat dimainkan secara langsung maka bola diwajibkan untuk diganti dengan bola baru dan diposisikan dengan tepat dimana bola mengalami rusak.

3. Syarat pemain

Sesuai dengan ketentuan aturan yang diberika FIFA maksimal jumlah pemain yang terjaring didalamnya satu tim futsal adalah 12 pemain dengan 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. Disetiap tim yang dimana akan bertanding harus mempersiapkan semua pemainnya dikarenakan biasanya dalam futsall pergantian ketika pemain bermain sangat sering dilakukan.

4. Lama bermain

Untuk disisi sepak bola lama bermainnya adalah 2 x 45 menit dengan 1 kali istirahat, sedangkan futsall hanya 2 x 20 menit dengan 1 kali istirahat yang dimana diberikan waktunya selama 15 menit. Memang tidak salah jika pertandingan futsal lebih cepat dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Piala Eropa 2020

Wasit cabang olahraga futsal

Didalam olahraga futsal juga terdapat wasit yang dimana tugasnya mengatur jalannya suatu permainan. Ada 3 wasit dan juga 1 penjaga waktu yang mempunyai tugas yang berbeda. Agar lebih jelas dan detail berikut ini adalah tugas dari seorang wasit dan penjaga waktu :

 1. Tugas wasit utama

Tugas dan tanggung jawab dari seorang wasit utama adalah meneggakan peraturan yang ditetapkan dipermainan futsal, selain itu juga wasit utama mempunyai beberapa tugas yaitu :

  • Memastikan keadaan lapangan dan bola sebelum pertandingan dimulai serta menerapkan sesuai peraturan yang ditentukan.
  • Memastikan pemain agar menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan aturan ditetapkan
  • Mencatat suatu kejadian selama pertandingan berlangsung
  • Menghentikan pertandingan jika pertandingan terjadi gangguan atau pelanggaran
  • Memberi hukuman kepada pemain yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan

2. Tugas wasit kedua

Tugas dari wasit kedua ini, jika wasit utama berjalan dengan baik maka dibantu oleh wasit kedua. Secara garis umumnya tugas wasit kedua sama dengan wasit utama, hanya saja wasit kedua hanya mengawasi area yang berlawanan dengan wasit utama.

3. Tugas wasit ketiga

Untuk suatu kelancaran jalannya pertandingan, wasit pertama dan wasit kedua dibantu oleh wasit yang ketiga. Beberapa tugas dari wasit ketiga yaitu :

  • Mencatat semua pelanggaran yang terjadi yang berlangsung
  • Memberikan sinyal tanda kepada wasit pertama jika pemain salah satu tersebut sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali
  • Mencatat gol
  • Mengawas jika terjad pergantian bola yang dilakukan
  • Memastikan seluruh pemain cadangan yang masuk kelapangan

4. Tugas Penjaga Waktu

Tiga wasit yang diinfokan diatas dibantu oleh penjaga waktu yang memiliki tugas :

  • Melihat waktu
  • Menghidupkan penghitung waktu dari mulai kick-off
  • Memberhentikan penghitung waktu jika terjadi suatu pelanggaran atau bola keluar dari lapangan
  • Menulis seluruh jumlah gol
  • Memberikan informasi berupa tanda yang dimana waktu dinyatakan habis

Itulah ulasan mengenai Teknik Dasar dan Peraturan Olaraga Futsal. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *