Peristiwa Kapal Terbakar di Sanana Maluku Utara, 181 Penumpang Selamat

Peristiwa Kapal Terbakar di Sanana Maluku Utara, 181 Penumpang Selamat

Palembangtalk.comPeristiwa Kapal Terbakar di Sanana Maluku Utara, 181 Penumpang Selamat – Peristiwa kapal KM Karya Indah yang berisi 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Karya Indah yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) telah dievakuasi. Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona menyampaikan informasi bahwa seluruh penumpang kapal berserta kru kapal yang terbakar selamat.

“Dan Saat ini sedang dilakukan proses evakuasi terhadap 14 anak buah kapal ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya penumpang kapal tersebut dalam kondisi selamat,” tambah Affan lewat keterangan tertulis, pada hari Sabtu (29/5/2021).

Baca juga: Peristiwa Kecelakaan Maut di Deli Serdang, Mengakibatkan 1 Orang Tewas

Affan menyampaikan KM Karya Indah tiba-tiba mengalami kebakaran dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran dan masih berfokus melakukan proses evakuasi.

“Belum diketahui penyebab mengapa kapal tersebut bisa sampai mengalami kebakaran. Pada saat ini Kami berfokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal,” pungkasnya.

Awal dari kebakaran itu di ketahui dari kamar mesin kapal KM Karya Indah dan dengan cepat penyebar ke badan kapal selam tersebut.

KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana telah menintruksikan kapal patroli KPLP dan Basarnas beserta kapal-kapal pelayaran setempat. Affan ikut mengapresiasi kesigapan awak kapal dalam kondisi darurat di dalam kapal.

Baca juga: Ridwan Kamil Dukung Penuh Dengan Hadirnya Komisi Nasional Disabilitas

Karena pihak tersebut siap siaga saat seorang nelayan yang berada di lokasi kejadian kapal itu terbakar, pihak nelayan menghubungi dengan cepat bantuan tim penyelamat kapal yang terbakar tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kesigapan awak kapal yang menerapkan SOP keselamatan dalam kondisi kapal sedang darurat kepada penumpang,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, KM Karya Indah sedang mengalami kebakaran di tengah lautan Malut. Didalam kapal terdapat Ada 181 orang penumpang berserta kru kapal dalam kapal yang terbakar tersebut.

Dapat menyelamatkan diri mereka masing-masing dari kapal yang terbakar tersebut.

Diketahui bahwa KM Karya Indah adalah kapal penumpang berukuran GT 1.148 dengan kapasitas 300 orang. Pada saat peristiwa itu terjadi kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 penumpang, yang terdiri atas 155 orang dewasa, 22 anak, dan 4 lansia.

Pada peristiwa kapal yang terbakar itu para penumpang yang melihat kobaran api semakin melahap badan kapal, dengan panik terjun ke dalam laut untuk menyelamatkan diri dari api tersebut.

Sementara itu kapal tersebut terlihat api menyala dan asap hitam tebal membubung ke langit.

Para penumpang saat ini sudah dievakuasi ke Desa Waisum, tidak jauh dari lokasi kapal terbakar. Nantinya mereka akan dibawa ke Sanana untuk mendapatkan perawatan atau dapat mengganti baju mereka yang telah basah setelah menceburkan diri ke laut saat menyelamatkan diri dari kapal yang terbakar tersebut.

Baca juga: Saat Muncul di Friends: The Reunion, Harga Outfit BTS Hingga Rp79 Juta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *