Permohonan SIKM Jakarta Ditolak Sebanyak 484, Ada yang Nekat Manipulasi Dokumen

Permohonan SIKM Jakarta Ditolak Sebanyak 484 copy

Palembangtalk – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 1.025 permohonan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta sejak 6 Mei sampai 7 Mei 2021. Tetapi, 484 di antaranya ditolak. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan ada penyebab PTSP menolak permohonan SIKM itu. Salah satunya yaitu pemalsuan dokumen.

“Masih adanya pemohon yang melakukan pemalsuan dokumen dalam pengajuan SIKM,” ucap Benni, Sabtu (8/5/2021).

“Masih banyak yang mengajukan untuk keperluan perjalanan mudik, perjalanan dinas dan bahkan masih ditemukan warga di wilayah aglomerasi, Jabodetabek mengajukan SIKM DKI Jakarta, di mana hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan prosedur SIKM DKI Jakarta sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku,” lanjut dia.

Dengan tegas Benni mengingatkan agar masyarakat tidak memanipulasi dokumen. Karena, hal ini sangat mengkhawatirkan, Dan termasuk tindakan kriminal dan dapat disanksi tegas.

Pemalsuan surat atau manipulasi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dapat dikenakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun penjara; dan/atau Pasal 35 dan Pasal 51 ayat 1, UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp 12 miliar.

“Bijak Mengajukan SIKM,” tandas Benni.

Baca Juga : Viralnya Jalur Tikus Kediri-Malang Setelah Penyekatan Mudik Jadi Ramai, Begini Penjelasan Warga

Syarat

Dalam pengunaan SIKM ini tidak bisa sembarang diajukan oleh pemohon. Berdasarkan adendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, ada 4 kriteria pelaku perjalanan yang diperbolehkan keluar masuk Jakarta selama larangan mudik.

1. Pegawai instansi pemerintahan/aparatur sipil negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), prajurit TNI dan anggota Polri dengan melampirkan surat izin tertulis atau SIKM dari pejabat setingkat Eselon II yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
2. Pegawai swasta dengan melampirkan surat izin tertulis atau SIKM dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
3. Pekerja sektor informal melampirkan surat izin tertulis yakni SIKM dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
4. Masyarakat umum nonpekerja melampirkan surat izin tertulis yakni SIKM dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Baca Juga : Berita Fakta Soal Mobil Kekaisaran Sunda Nusantara Saat Terjaring Penyekatan Di Posko Penyekatan Covid-19

Cara Mengurus SIKM

Pengajuan SIKM Jakarta ini dilakukan secara online melalui aplikasi jakevo atau website jakevo.jakarta.go.id

Pemohon wajib mengisi keperluan keluar masuk Jakarta, serta melampirkan identitas. Data yang telah dimasukkan, akan diverifikasi ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kelurahan. Apabila sudah terverifikasi, Maka pihak kelurahan akan mengirim pemberitahuan tersebut kepada surel pemohon. Dan wajib Juga Menyertakan Surat Negatif Covid-19. Pemeriksaan SIKM dan surat hasil tes negatif Covid-19 akan diperiksa polisi di pos-pos penyekatan.

“Nanti di (pos) penyekatan rekan-rekan kepolisian akan meminta tolong dibekali dengan hasil rapid tes antigen ataupun untuk di terminal atau di pelabuhan laut di bandara itu sudah ada, harus antigen PCR,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Selasa (4/5).

Baca Juga : Rincian Tiga Kapal China yang Bantu Angkat Bangkai KRI Nanggala-402

Apabila tidak ada dokumen lengkap seperti SIKM dan surat keterangan negatif Covid-19, Maka perjalanan akan dihentikan dan akan disuruh putar balik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *