Polda Jatim Diminta Menangkap Preman Pungli, Di Tanjung Priok

Polda Jatim Diminta Menangkap Preman Pungli, Di Tanjung Priok

Palembangtalk.comPolda Jatim Diminta Menangkap Preman Pungli, Di Tanjung Priok – Mabes Polri memerintahkan kepada jajaran Polda di seluruh Indonesia, termasuk Polda Jawa Timur untuk menangkap pelaku pungli dan aksi premanisme yang sama di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, instruksi itu diberikan selesai Bapak Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak lanjuti preman yang memalak atau pungli para pengemudi truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Mabes Polri akhirnya memberikan instruksi arahan kepada seluruh jajaran di Indonesia untuk melakukan operasi terhadap pungli dan premanisme di Indonesia termasuk jajaran polri jatim,” terang Argo, di Mapolda Jatim, Surabaya, pada hari Jumat (11/6).

Baca juga: Pelaku pembunuhan Supir Taksi Daring Di Medan, 1 Ditangkap 2 Diburu

Polda metro jaya telah mengamankan ada sekitar 49 orang pelaku yang diduga melakukan pungli

Argo juga menjelaskan, bahwa di Tanjung Priok, polda metro jaya telah mengamankan ada sekitar 49 orang pelaku yang diduga melakukan pungli terhadap para supir kontainer yang melintas di sekitar jalan tersebut.

Modus aksi mereka, para preman itu memalak atau mengutip para supir kontainer yang mengantarkan barang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Jumlah uang pungli yang diminta bermacam-macam

“Saat masuk dikutip (dipalak) atau dikutip. Saat mencek juga dikutip, kemudian saat supir menurunkan kontainer juga dikutip dan mencuci mobil pun dikutip dan saat keluar dari perusahaan itu juga dikutip. bermacam jumlah dalam kuitpannya yang diminta preman pemalak ada diantara Rp2 ribu sampai Rp20 ribu,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolri telah memerintahkan kepada jajarannya di Polda Jatim, untuk melakukan operasi aksi premanisme serupa itu tidak hanya di pelabuhan saja tindakan pungli tersebut dilakukan. Tetapi di tempat-tempat umum lain juga di pungli oleh preman.

“Kami juga sudah mengirimkan berita ini ke Polda-Polda seluru jajaran indonesia, Polda Jatim juga sudah terima suratnya agar nanti bisa segera bertindak atas tindakan pungli tersebut,” terangnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Istimewanya Proyek Tol Semarang-Demak

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Utara bergerak cepat menangkap puluhan orang yang diduga sering melakukan aksi pemalakan atau pungli di Pelabuhan Tanjung Priok.

Penangkapan ini adalah tindak lanjut dari instruksi Presiden Jokowi kepada Kapolri untuk menindak dan memberi sanksi kepada preman yang meminta sejumlah uang kepada para pengemudi truk kontainer.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Pengemudi Ojol di Brebes, Ditangkap Polisi

Bapak presiden mendapat keluhan dari beberpa supir konteiner

Bapak Presiden Joko widodo juga mengaku mendapat informasi pemalakan ini saat bapak itu sedang berbicara dengan para pengemudi di Tanjung Priok.

“Jika jalan dalam keadaan macet, pasti banyak driver-driver yang dipalak sama preman-preman tersebut. dengan informasi didapat dari pengemudi kontainer itu tolong bisa diselesaikan,” pungkas Bapak Joko widodo saat menelepon Listyo, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *