PPDB 2021 Jabarkan, Tahun Ini Sekolah Swasta Diikutsertakan

pp copy
pp copy

Palembangtalk.com – PPDB 2021 Jabarkan, Tahun Ini Sekolah Swasta Diikutsertakan – Ada yang berbeda pada penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021 di Provinsi Jawa Barat. Apa itu? Ternyata salah satunya ialah penyertaan akan sekolah swasta dalam proses pendaftaran PPDB Jabar 2021.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dedi Supandi terkait akan PPDB Jabar 2021. Menurut seorang Dedi Supandi, seluruh persiapan telah dilakukan, termasuk juga akan pendaftaran tahap pertama yang akan dibuka pada 7 Juni 2021.

“Persiapan sudah kami lakukan semua, dimulai dari uji publik, pengesahan Pergub tentang soal PPDB, kesiapan sistem bahkan sosialisasi juga sudah kami lakukan.” Ujar Kadisdik seperti dikutip dari laman Disdik Jabar, pada Jumat (4/6/2021).

Sekolah negeripun hanya menampung sekitar 41,5 persen Dijelaskan, dengan proyeksi lulusan SMP negeri dan swasta tahun 2021 sebanyak 777.506 siswa, maka SMA, SMK, dan SLB negeri di Jabar hanya mampu menampung sebanyak 41,5 persen siswa. Dengan perincian, SMAN 163.728 siswa, SMKN (113.112), dan SLBN (3.708).

PPDB 2021 Jabarkan, Tahun Ini Sekolah Swasta Diikutsertakan

Baca juga : Perampok yang Perkosa Mahasiswi di Makassar Ditangkap Polisi!

Sehingga, peran pada sekolah swasta di Jabar sangat penting untuk kelangsungan akan pendidikan di Jabar. “Maka oleh itu, untuk PPDB tahun 2021 ini kita menggunakan tagline bahwa ‘Sekolah di Mana Saja Sama’, baik di swasta maupun di negeri,” jelas oleh Kadisdik.

Kadisdik juga mendorong seluruh calon siswa bahkan seluruh orang tua siswa, untuk mempelajari akan petunjuk teknis (juknis) PPDB 2021 yang telah tertuang dalam Peraturan Gubenur (Pergub) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Juknis PPDB 2021.

“Sehingga, apa pun jalur pendaftaran yang akan dipilih, peserta didik diharuskan sudah tahu apa saja persyaratan yang harus disiapkan dan mempersiapkannya semua persyaratat,” terangnya.

Perbedaan PPDB 2020 Menurutnya ia, ada beberapa perbedaan antara PPDB tahun ini dengan tahun lalu.

Baca juga : Bos BMKG Soal Skenario Tsunami 30 Meter, Bukan Menakuti!

1. Perbedaan pertama adalah dari kepanitiaan.

Menurutnya, ada beberapa perbedaan antara PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya.

1. Perbedaan pertama ialah dari kepanitiaan.

Tahun 2021 ini, ketua panitia PPDB SMA, SMK, dan SLB di Jabar adalah kepala cabang dinas pendidikan di seluruh wilayah I-XIII. Sedangkan pimpinan yang berada pada Radjiman (Kantor Disdik Jabar) akan berperan sebagai yanni koordinator PPDB 2021.

2. Penyertaan sekolah swasta dalam proses pendaftaran PPDB tahun 2021.

Nantinya akan, semua siswa – siswa yang ingin mendaftar pada PPDB 2021 tidak hanya memilih sekolah negeri. Melainkan juga diharuskan memilih sekolah swasta.

“Berdasarkan data – data yang ada, bahwasannya hanya sebanyak 41,5 persen siswa SMP saja dan MTs di Jabar yang diterima di sekolah negeri. Dengan jumlah sekolah swasta yang mencapai sekitar 4 ribuan, tahun ini akan kita sertakan sekolah swasta yang masuk dalam sistem PPDB,” tuturnya.

Penyertaan nilai rapor, yang lengkap dengan ranking peserta didik. “Salah satu persyaratan pada PPDB 2021 ialah dengan melampirkan nilai rapor siswa dari semester I hingga V,” imbuhnya.

Baca juga : Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru, Disulap Tempat Vaksinasi Warga

3. Jalur masuk bagi siswa/anak berkebutuhan khusus (ABK).

Jika tahun lalu jumlah kuota ABK termasuk dalam jalur zonasi, tahun ini kuota tersebut masuk jalur afirmasi. Dikarenakan, Disdik Jabar melalui kantor cadisdik wilayah dan satuan pendidikan telah menyosialisasikan PPDB secara optimal.

“Disdik juga memanfaatkan sebuah media sosial, sebagai untuk membantu percepatan pemberian akan informasi PPDB kepada seluruh masyarakat” jelasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *