Sebanyak 416 Pegawai KPK Lolos, TWK Minta Pelantikan ASN Ditunda

Sebanyak 416 Pegawai KPK Lolos, TWK Minta Pelantikan ASN Ditunda

Palembangtalk.com РSebanyak 416 Pegawai KPK Lolos,TWK Minta Pelantikan ASN Ditunda РAda Sebanyak 416 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah dinyatakan lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) meminta pelantikan mereka sebagai Aparatur Sipil Negara akan ditunda. Pelantikan yang awalnya direncanakan pada 1 Juni 2021 bakal di tunda.

TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) itu menjadi syarat alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Penundaan ini juga buntut dari tidak diloloskanya beberapa sejumlah pegawai KPK dalam TWK hingga berbuntut pemecatan.

Baca juga: Saat Muncul di Friends: The Reunion, Harga Outfit BTS Hingga Rp79 Juta

“Terinformasi ada sebanyak 416 pegawai yang lolos TWK minta pelantikan jadi ASN ditunda untuk sementara waktu,” kata sumber palembangtalk.com pada hari Sabtu (29/5).

Bagian dari jabatan yang sebanyak 416 pegawai itu terdiri dari 146 gabungan Deputi Pencegahan, Monitoring, Kesekjenan, dan lain-lain. Kemudian 57 pegawai dari Direktorat Pengaduan Masyarakat, 42 orang Penyidik, 75 orang dari Direktorat Penyelidikan dan 96 Gabungan PJKAKI-DNA.

Sebelum menduduki jabatan mereka masing-masing harus berdasarkan penilaian tim asesor, sebanyak 24 pegawai KPK dinilai masih mempunyai kesempatan untuk menjadi ASN dan 51 pegawai disebut tidak bisa lagi bergabung dengan KPK karena mendapat nilai ‘merah’ dan tidak bisa mengikuti tes wawasan kebangsaan itu lagi.

Baca juga: Peristiwa Kecelakaan Maut di Deli Serdang, Mengakibatkan 1 Orang Tewas

“Penundaan pelantikan tunggu ada kejelasan mengenai pelaksanaan peralihan pegawai KPK telah sesuai dengan aturan, prinsip hukum dan arahan dari Presiden Joko Widodo. Hal ini agar lebih dahulu memperbaiki pelaksanaan peralihan pegawai KPK sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru secara materiil maupun formil,” demikian disebutkan dalam surat yang di dapatnya tersebut

Penyebab penundaan pelantikan itu karena ada dua alasan yang menyebabkan mereka meminta penundaan pelantikan sebagai ASN tersebut. Alasan pertama adalah adanya dugaan ketidaksesuaian terhadap norma dan aturan hukum.

Dan alasan kedua adalah dugaan ketidaksesuaian dengan prinsip hukum dan cita-cita pemberantasan korupsi yang terbuat dalam siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menyebutkan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di KPK menggunakan Tes Indeks Moderasi Bernegara (IMB68) dan Integritas yang biasanya digunakan dalam kenaikan jabatan atau juga digunakan oleh TNI sebagai bentuk pengujian psikologi pegawai/ anggota TNI.

KPK untuk saat belum membuka siapa saja nama-nama pegawai tersebut. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, mengatakan pihaknya akan menyampaikan surat keputusan (SK) kepada 51 pegawai yang memiliki catatan ‘merah’ alias gagal menjadi ASN pada pekan ini.

“Mudah-mudahan secepatnya di berkan informasinya. Mudah-mudahan minggu ini pihak Sekjen bisa menyampaikan SK atau menyebarakan surat keterangan tersebut,” kata Ghufron dalam berita televisi pada pukul 7 malam,hari Rabu (26/5) malam

Baca juga: Peristiwa Kapal Terbakar di Sanana Maluku Utara, 181 Penumpang Selamat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *