Selesai Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan Aturan Ini Buat Para Pemudik

Selesai Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan Aturan Ini Buat Para Pemudik

Palembangtalk.com Selesai Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan Aturan Ini Buat Para Pemudik – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih, kali ini admin akan membahas informasi mengenai berita Selesai Mudik Lebaran,Pemerintah Siapkan Aturan Ini Buat Para Pemudik. Yuk simak dan ikuti ulasan-ulasan yang akan admin bagikan ini hingga selesai.

Setelah selesai masa mudik lebaran, pemerintah siapkan aturan yang akan di hadapi para pemudik, saat hendak arus balik mudik lebaran.

Baca juga: Hari Kedua Lebaran, Pantai Ancol Dikunjungi 39 Ribu Wisatawan

Kabar penting buat para pengendara yang sudah berhasil tembus penyekatan mudik lebaran dan liburan di luar kota yang pemudik inginkan

Pemerintah sudah menyiapkan sebuah aturan buat menghadapi masa arus balik mudik lebaran.

Saking ketatnya, Satgas Penanganan Covid-19 juga meminta kepada sejumlah Gubernur supaya aturan ini bisa terlaksana dan bisa di terapkan nantinya saat kegiatan arus balik mudik lebaran dilakukan.

Bukan tanpa alasan jelas pemerintah memperketat masa larangan mudik dan arus balik.

Tujuannya sudah sangat jelas yaitu, mencegah atau menekan penularan virus corona alias Covid-19.

Hal itu disampaikan dari Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan Covid-19, yaitu Wiku Adisasmito.

“Kami juga telah meminta Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Lampung agar membentuk Satgas Khusus penanganan arus balik dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa,” pungkasnya saat di tanya di salah satu stasiun tv.

Foto syarat untuk pemudik yang melakukan arus balik mudik lebaran

Sejumlah Gubernur di kota Sumatra dan Jawa diminta untuk melakukan pemeriksaan secara terhadap dokumen RT-PCR, swab test antigen atau Genose pada pelaku perjalanan masyarakat.

Pemeriksaan tersebut dilakukan pada masa arus balik mudik lebaran di tiap pos penyekatan di perbatasan antar provinsi di seluruh wilayah.

Langkah ini dilakukan karena dalam satu bulan terakhir terjadi peningkatan kasus yang sangat tinggi di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatra.

Baca juga: Gempa Nias Barat Dimutakhirkan dari Magnitudo 7,2 ke 6,7, Ini Penjelasan BMKG

Sedangkan di Pulau Jawa justru mengalami penurunan. Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi saat arus balik mudik lebaran dilakukan beberapa tes covid untuk para pemudik.

Pertama, Kemenhub akan tetap konsisten menjalankan Permenhub 13 Tahun 2021.

Aturan itu menjelaskan bahwa di masa Peniadaan Mudik mulai 6-17 Mei 2021 transportasi yang boleh beroperasi adalah untuk melayani kegiatan yang dikecualikan.

Sementara pada masa pengetatan pada pasca peniadaan mudik mulai 18-24 Mei 2021, dilakukan pengetatan masa berlaku tes covid baik PCR, Rapid Antigen 1×24 jam dan Genose pada hari yang sama sebelum keberangkatan.

Kedua, akan dilakukan pengecekan kesehatan secara acak kepada pengguna transportasi darat baik roda empat maupun roda dua.

Pengecekan secara acak dilakukan di sekitar 21 titik penyekatan, baik di jalan tol, jalan nasional dan lokasi lain yang dianggap penting.

Ketiga, untuk memperketat masuknya orang dari wilayah Sumatera ke Pulau Jawa melalui angkutan penyeberangan mulai dari tanggal 15 Mei 2021, semua penumpang wajib melakukan tes antigen secara gratis.

Baca juga: Libur Lebaran, KAI Commuter Tes Antigen Acak di 4 Stasiun

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *