Pengertian Dari Surat Pengunduran Diri Berserta Contohnya

Pengertian Dari Surat Pengunduran Diri Berserta Contohnya

Palembangtalk.comPengertian Dari Surat Pengunduran Diri Berserta Contohnya – Buat kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan surat pengunduran diri apalagi, kalian pernah bekerja atau sedang bekerja di sebuah perusahaan, instansi atau lembaga. Surat pengunduran diri di buat oleh seseorang yang sudah memutuskan untuk berhenti keluar dari pekerjaannya dengan berbagai macam alasan yang dimiliki sehingga untuk tidak bekerja di tempatnya sekarang.

Buat kalian yang belum pernah keluar dari pekerjaan pastinya belum pernah membuat surat pengunduran diri sehingga tidak tahu bagaimana cara membuat surat pengunduruan diri yang baik dan benar. Maka dari itu admin akan memberikan penjelasan dari surat pengunduran diri berserta contohnya yang wajib kalian ketahui di bawah ini.

Pengertian Dari Surat Pengunduran Diri

Surat pengundruan diri atau disebut dengan surat resign biasanya merupakan sebuah surat yang memang digunakan untuk memberitahu perusahaan atau tempat kalian bekerja jika kalian sudah tidak ingin bekerja di sana atay berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri yang kalian buat akan kalian berikan kepada perusahaan tempat kalian bekerja, biasanya diberikan pada pihak HRD yang mengurus segala sesuatu mengenai karyawan termasuk pengunduran diri yang dilakukan oleh karyawan pada perusahaan tersebut.

Surat resign atau surat pengunduran diri di buat sebelum memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan kalian agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan perusahaan yang bersangkutan. Maka surat pengunduran diri itu sangat penting. Jika ada seseorang karyawan memberikan surat pengunduran diri dari pekerjaan kalian.

Karena setiap orang bebas memilih tetap bekerja atau berhenti dari pekerjaan. Kecuali bagi mereka yang bekerja di bawah keterikatan kontrak, maka keluar begitu saja keluar dari perusahaan sebelum kontrak kerja selesai.

Fungsi dari surat pengunduran diri ini merupakan surat pemberitahuan kalian kepada perusahaan yang terkait bahwa kalian sudah tidak dapat bekerja lagi di perusahaan tersebut dikarenakan sebuah alasan.

Alasan Seseorang Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Ada banyak sekalo alasan yang mendasari mengapa seseorang memilih untuk berhenti dari pekerjaannya. Mulai dari alasan yang berhubungan dengan pekerjaan seperti gaji yang didapatkan tidak memadai dan tidak sesuai dengan pekerjaan, waktu jam kerja yang panjang dan kondisi perusahaan yang tidak kondusif sehingga membuat tidak dapat tahan bekerja di sana.

Sementara alasan lain yang membuat seseorang memilih berhenti bekerja ialah seperti sedang sakit, pindah ke keluar kota, mempunyai anak bagi wanita atau ingin melanjutkan sekolah sehingga sudah tidak bisa lagi bekerja lagi di perusahaan.

Manfaat Dari Surat Pengunduran Diri Atau Surat Resign

Berikut ini beberapa manfaat dari surat pengunduran diri atau surat resign adalah sebagai berikut

1. Dapat Memberikan Kesan Profesional

Pada saat masuk ke dalam perusahaan, kalian masuk ke dalam perusahaan dengan cara baik-baik, maka saat keluar pun harus kalian lakukan dengan baik-baik juga. Terlepas dari alasan apa pun yang kalian miliki untuk berhenti bekerja.

Contohnya seperti kondisi perusahaan yang tidak kondusif dengan jam kerja yang panjang tetapi gaji tidak sesuai dengan kerja yang sudah dilakukan. Walapun alasan utama orang berhenti dari pekerjaan adalah karena tidak tahan untuk bekerja disana. Namun kalian tetap harus izin keluar secara baik-baik.

2. Dapat Memberikan Perusahaan Waktu Untuk Mencari Pengganti

Fungsi dari surat penunduran diri adalah memberitahu perusahaan bahwa kalian akan berhenti dari pekerjaan kalian, agar pekerjaan kalian tidak terbengkalai ada baiknya jika kalian membuat surat pengunduran diri dan memberikannya lebih awal. Hal ini akan memberikan waktu bagi perusahaan untuk mencari pengganti kalian sehingga pekerjaan kalian yang kalian tinggal tidak terlantar begitu saja.

Contohnya seperti ketika kalian ingin berhenti dari tempat bekerja kalian mulai bulan maret, maka sebaiknya kalian memberikan surat pemberhentian kerja sejak bulan febrauari agar perusahaan kalian lebih mempersiapkan diri dengan mencari karyawan baru sebelum kalian keluar dari tempat kerja tersebut.

3. Memberikan Format Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri sama seperti surat resmi lainnya, surat pengundruan diri juga bersifar resmi sehingga untuk membuat surat pengunduran diri kalian terlihata profesional dan memiliki citra yang baik dimata pemilik perusahaan.

Berikut ini adalah struktur yang harus ada di dalam surat pengunduran diri yang akan kalian buat di bawah ini.

  • Pada penulisan Waktu tanggal dan juga tempat pembuatan surat pengunduran diri yang ditulis di bagian kanan atas surat.
  • Selanjutnya Nama dan alamat tujuan surat, berupa nama perusahaan atau nama seseorang yang bersangkutan, diletakkan pada sebelah kanan atas atau sebelah kiri atas, tapi lebih sering diletakkan di bagian kiri atas.
  • Selanjutnya Isi dari surat pengunduran diri yang berisikan mengenai alasan mengapa kalian mengundurkan diri dari perusahaan tempat kalian bekerja.
  • Kemudian kalian berikan Tanda tangan dari pembuat surat dan nama bersangkutan.
  • Kalian memberikan materai untuk membuat surat menjadi lebih terlihat resmi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Medan, 24 juli 2020 
Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Indah Marko
Medan
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Lilis karlina br. marbun
Alamat: Jln. pastoran palas no. 1 medan
Jabatan: admin
Dengan surat ini, saya bermaksud untuk memberitahukan pada Bapak, bahwa saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya di Perusahaan Bapak dikarenakan sebuah alasan kesehatan saya kurang bagus.
Maka dari itu saya memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan Bapak karena tidak ingin mengecewakan Bapak sebab kinerja saya akan semakin lama semakin menurun dikarenakan kesehatan saya yang sedang terganggu.
Saya sangat berterima kasih pada Bapak yang telah bersedia menerima saya bekerja dan telah membimbing saya dari awal sampai sekarang ini untuk menjadikan saya sebagai karyawan yang professional.
Saya juga meminta maaf karena tidak bisa menjadi bagian dari perusahaan Bapak dan menyelesaikan pekerjaan saya dengan baik. Semoga Bapak senantiasa diberi kesehatan dan perusahaan Bapak semakin maju dan dapat berkembang dengan baik.
Demikian surat pengunduran diri ini yang saya buat dengan penuh kesadaran dan keinginan yang berasal dari diri sendiri tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
                                                                                                                                                     Hormat saya,
                                                                                                                        Lilis karlina br. marbun 

Demikianlah contoh surat pengunduran diri di atas pastinya kalian sudah tahu kan, bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Dan semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua yang telah admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *