Pengertian Surat Pribadi, Tujuan Berserta Ciri Dan Contohnya

Pengertian Surat Pribadi, Tujuan Berserta Ciri Dan Contohnya

Palembangtalk.comPengertian Surat Pribadi, Tujuan Berserta Ciri Dan Contohnya – Kalian sebagai pelajar pasti sudah pernah membuat sebuah surat pribadi atau mendapatkan surat pribadi yang kalian pernah dapatkan dari orang lain yang berada jauh dari tempat kalian. Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan ulasan mengenai pengertian, tujuan berserta ciri dan contohnya dari surat pribadi di bawah ini.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat maupun tulisan yang dibuat oleh seorang untuk orang lain yang memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan kabar mau pun juga informasi kepada orang lain. Jumlah teks surat pribadi tidak terbatas dan dapat di tulis samai beberaoa halama tergantung pada orang yang akan menulis surat pribadi tersebut.

Pada saat kalian ingin membuat surat pribadi dan ingin memberikan kepada orang lain, kalian jangan lupa juga untuk memberikan nama pengirim atau penulis surat berserta dengan tanda tangan pada bagian akhir surat. Surat pribadi sendiri tidak memiliki aturan yang baku sama seperti surat resmim, walaupun begitu, surat harus tetap kalian tulis menggunakan bahasa yang sopan dan mudah untuk dipahami oleh penerima atau pembaca.

Di dalam teks surat pribadi terdapat teks surat pribadi yang biasanya hanya memberikan informasi pribadi. Contohnya seperti kabar atau pun cerita rahasia yang hanya diketahui oleh dua orang saja yaitu si pengirim dan juga si penerima surat tersebut.

Ciri – Ciri Dari Surat Pribadi

Perbedaan dari ciri ciri surat pribadi dengan surat yang lainnya adalah sebagai berikut ini.

  • Surat pribadi menggunakan bentuk kata sapaan di dalam surat dengan kata sapaan pribadi yang biasanya berbentuk privasi atau bahkan rahasia. Untuk kata sapaan sendiri diletakkan pada bagian atas bacaan.
  • Bahasa yang digunakan dalam teks surat pribadi bersifat sangat santai dan tidak terlalu formal selain itu biasanya menggunakan bahasa sehari – hari tetapi tetap menggunakan bahasa atau kalimat yang sopan.
  • Teks surat pribadi biasanya tidak hanya menggunakan satu bahasa saja namun bisa menggunakan beberapa bahasa dalam satu surat. Sama seperti bahasa Indonesia yang telah dipadukan dengan bahasa Jawa, hal ini sendiri tergantung pada pengirim dan penerima dari surat tersebut.
  • Biasanya penulis akan menggunakan kata ganti orang kedua saat membuat surat pribadi tersebut.
  • Akan menggunakan format yang bebas dan tidak terikat dengan aturan seperti surat surat lain yang bersifat resmi atau formal.
  • Tidak menggunakan kop surat dalam surat pribadi tersebut.

Tujuan Dari Teks Surat Pribadi

Ada banyak sekali tujuan yang melatarbelakangi yang di buat dari surat pribadi, hal itu tentu saja tergantung pada si pembuat dan penerimanya

Tujuan dari teks surat pribadi ini ditentukan oleh niat dan tujuan dari sang penulis dan sebagian besar seseorang membuat surat pribadi dengan tujuan untuk memberikan kabar atau informasi yang sifatnya bisa sangat rahasia pada orang yang dituju pada surat pribadi tersebut

Penerima dan pengirim surat bisa saja memiliki hubungan dekat seperti keluarga, saudara atau pun teman bahkan bisa juga kepada kekasih yang sedang berjauhan sehingga tidak dapat berkomunikasi secara langsung seperti bertemu secara langsung. Sehingga dapat mengirim surat pribadi.

Walaupun kini surat pribadi sudah tidak banyak digunakan karena keberadaannya sudah tergeser oleh kemajuan teknologi yang membuat seseorang dapat terus berkomunikasi meski dengan orang yang berada jauh bahkan di luar negeri pun dapat dihubungi dengan mudah melalui telepon, pesan singkat hingga bantuan sosial media lainnya yang sudah ada di internet.

Selain itu sifat surat pribadi yang memiliki keterbatasan waktu saat dikirimkan karena harus menunggu waktu yang lama agar surat tersebut bisa sampai pada pembaca dianggap tidak praktis sehingga membuat keberadaan surat pribadi mulai ditinggalkan.

Apalagi sekarang ini sudah bisa mengirimkan surat melalui jalur internet dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan disebut dengan surat elektronik atau disingkat dengan surel yang biasa dikenal luas dengan email yang dapat lebih cepat sampai pada pembaca dalam hitungan detik saja. Jika dibandingkan dengan surat pribadi yang dikirimkan melalui pos dapat sampai dalam waktu yang cukup lama bisa berhari – hari bahkan berbulan – bulan.

Contoh Dari Surat Pribadi

Meski surat pribadi sudah tidak banyak digunakan lagi, namun ada baiknya jika kalian seorang pelajar mengetahui pengertian sampai contoh dari surat pribadi, namun bagi kalian seorang pelajar yang belum tahu apa itu surat pribadi. Silahkan kalian ikuti contoh surat pribadi bawah ini.

Salam sejahtera untuk Kita semua
Hai ,sobat ku sinta, bagaimana kabarnya di Jakarta, sehat-sehat sajakan? Aku di pekanbaru dalam keadaan sehat walafiat.
Mudah-mudah kabarmu juga seperti itu disana. Bagaimana sekarang dengan pekerjaanmu yang di jakarta? Kamu pasti suka main ke pasar senin gak? Pastinya seru banget kalau hari minggu ke sana ya.
Oh ya, liburan bulan depan apa kamu ada acara keluarga kota tidak? Jika tidak aku ingin main ke tempatmu, aku ingin ke pasar senin lagi kayak dulu, pasti masih ramai banget kalau kita main ke sana pas hari libur ke disana.
Sekian dulu surat dariku ya sinta, kapan-kapan kita sambung lagi, kutunggu belasan dari suratmu
                                                                                                                                                                                   Salam Manis
                                                                                Wati                         

Nah, inilah contoh dari surat pribadi denga penjelasannya, dan semoga dengan ini kalian yang masih pelajar dapat mengetahui apa itu surat pribadi dan tidak hanya tahu sosial media saja ya. Namun tahu juga apa itu surat pribadi. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *