Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah, Beserta Struktur Teks Anekdot

Teks Anekdot

Palembangtalk.com – Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah, Beserta Struktur Teks Anekdot – Hallo, kembali lagi bersama Mimin. Kali ini Mimin akan membahas seputar pembelajaran bahasa indonesia. Di mana yang menjadi topik pembahasan kita mengenai Teks Anekdot.

Di mana Mimin akan membahasnya secara detail dan rinci tentunya mudah di pahami dan dimengerti oleh kalian sebagai pembaca. Yuk, langsung saja tanpa perlu panjang lebar yuk, simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Teks Anekdot merupakan salah satu jenis sebuah cerita pendek yang bersifat lucu atau menyindir yang menggambarkan seseorang atau kejadian sebenarnya terhadap suatu masalah yang terjadi. Umumnya, teks anekdot berasal dari kejadian nyata yang melibatkan melibatkan orang, tempat, waktu peristiwa kejadian nyata.

Dengan cerita pendek dan begitu menarik serta lucu yang menggambarkan dimana sebuah orang yang sebenarnya.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Teks Negoisasi

Apa itu Teks Anekdot ?

Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah, Beserta Struktur Teks Anekdot

Teks Anekdot adalah salah satu dimana dalam sebuah teks yang bercerita pendek yang dapat memuat dalam beberapa unsur – unsur lucu dan bermaksud untuk mengkritik seseorang.

Biasanya frasa anekdotal dapat merujuk di layanan publik, politik, lingkungan dan sosial. Cerpen merupakan salah satu sebuah teks anekdot atau anekdot. Perlu kalian ketahui, Teks anekdot tidak hanya bisa dalam bentuk cerita sana, namun juga dalam bentuk dialog singkat antara dua tanda.

Teks anekdot itu sendiri harus mengandung tidak hanya dalam humor saja,namun juga mandat, pesan moral atau kebenaran secara umum.

Ciri – Ciri Teks Anekdotal

Adapun ciri- cirinya, sebagai berikut.

1. Terselip Kritikan atau Tujuan

Tujuan dalam sebuah teks anekdot salah satunya adalah di mana si penulis memberikan kritik dengan cara yang lebih lucu dan diterima secara publik.

2. Menampilkan Tokoh-Tokoh Penting

Nah, biasanya dalam sebuah teks anekdot ada tokoh di dunia nyata dan bisanya kita menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya termasuk dalam anggota pemerintah, anggota keluar dan lain sebagainya.

3. Mempunyai Sifat Humoris, Lucu, Menggelitik, Dan Lelucon

Seperti yang Mimin sebutkan tadi, dalam sebuah teks anekdot memang di buat sebagai untuk mengkritik dengan cara yang berbeda.

Seperti dalam bentuk lelucon yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mengirimkan. Nah, biasanya, penghentian inilah terkait dengan masalah sosial domestik yang sudah dikenal luas.

4. Berupa Teks yang Mendekati Perumpamaan

Perumpamaan sebuah teks dengan struktur anekdotal mendekati seperti dalam bentuk dongeng. Salah satunya seperti esai yang didasarkan dalam sebuah imajinasi dan ditambahkan ke semua hal yang benar-benar atau nyata terjadi terhadap masyarakat.\

Baca juga : Teks Cerita Ulang, Cek Disini Penjelasan Lengkapnya

Kaidah Teks Anekdot

Selain dalam struktur dan fitur teks anekdot dalam teks anekdot tersebut, terdapat ada juga aturan anekdot atau aturan bahasa yang juga berfungsi sebagai panduan untuk menulis cerita.

Untuk itu simak di bawah ini kaidah dalam teks anekdot.

  • Teks Anekdot biasanya menggunakan bahasa yang kreatif dan retoris atau efektif.
  • Penulis harus menggunakan suatu kata keterangan di masa lalu.
  • Dapat memakai sebuah predikat atau sebuah kata kerja di dalam teks anekdot.
  • Setiap teks anekdot harus menggunakan sebuah kalimat yang berbau perintah.
  • Teks harus dibuat dengan cara berurutan dan kronologis. Sehingga pembaca lebih paham.
  • Menentukan acara dan bagian acara menggunakan jenis konjungsi.

Struktur Teks Anekdot

Selain itu, teks Anekdot ini juga memiliki struktur yang berbeda. Dalam fungsi struktur teks ialah untuk membuat sebuah teks lebih jelas dan lebih sesuai dan untuk membuatnya dengan secara nyata, Nah, supaya lebih jelasnya, silahkan simak di bawah ini.

1. Reaksi

Reaksi itu terkait erat dengan struktur krisis. Reaksi merupakan salah satu bsebuah bagian yang dapat diselesaikan dengan cara yang unik dan merik serta berbeda dalam sebuah bentuk solusi sebagai suatu masalah tersebut

2. Abstraksi

Abstraksi merupakan salah struktur teks lucu paling awal yang ada dalam sebuah teks yang disebut sebagai Anecdote. Ringkasan yang dapat ditempatkan di awal paragraf dengan fungsi yang umumnya menggambarkan teks sebagai dibayangkan oleh pembaca.

3. Orientasi

Orientasi merupakan salah satu sebuah awal dari peristiwa dalam sejarah atau bagian yang menggambarkan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam sejarah itu bisa terjadi.

4. Koda

Koda merupakan salah satu sebuah bagian yang dapat menutup adanya suatu cerita yang berada dalam sebuah teks tersebut.

5. Krisis

Krisis merupakan salah satu dimana sebuah bagian yang dapat menjelaskan bahwa dalam masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa. Atau bahkan cerita penulis sendiri.

Dalam jenis teks ini, adalah salah satu sebuah cerita pendek dan begitu menarik serta lucu yang bisa menceritakan sebuah peristiwa atau orang yang sebenarnya.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Konjungsi Koordinatif, Cek Disini

Demikianlah penjelasan yang Mimin bagikan diatas, semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *