Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya

Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri dan Contohnya

Palembangtalk.com – Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya – Hallo, apa kabar? Pastinya baik baik ajakan. Nah, kali ini Mimin akan membahas seputar pembelajaran bahasa indonesia. Danyang menjadi pembahasan kita adalah tentang Teks Eksemplum.

Teks Teks Eksemplum termasuk salah satu golongan dalam jenis karya yang mengandung pengalaman dari hidup manusia.

Ini termaksud dalam sebuah karya sastra yang di dalamnya menjelaskan mengenai suatu pengalaman hidup seseorang. Yang dimaksud dalam dalam perubahan pada orang sebagai melakukan kesalahan yang serupa.

Nah, untuk lebih detailnya kalian bisa simak penjelasnya di bawah ini, karena Mimin menjelaskan tentang Eksemplum dimulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis dan penjelasan lainnya. Tentunya mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Teks Editorial, Cek Disini

Apa Itu Teks Eksemplum ?

Pengertian Teks Eksemplum adalah salah satu sebuah cerita teks yang dapat menceritakan tentang seseorang perilaku atau karakter dalam suatu cerita.

Cerita yang dimulai dalam adanya sebuah pengenalan karakter dari pelaku, kemudian akan membahas tentang peristiwa mana yang dapat dilalui karakternya, dan berakhir dengan interpretasi dari dalam karakter.

Teks yang satu ini, dapat mengandung dalam sebuah karya sastra yang berisikan dalam menjelaskan pengalaman hidup seseorang. Dimulai dari peristiwa yang dialami karakter, dan dari peristiwa itulah ada kebijaksanaan yang bisa diambil. Dengan tujuannya bukan untuk membuat kesalahan yang sama di masa depan.

Struktur Teks Eksemplum

Adapun beberapa struktur Teks Eksemplum yang perlu kalian ketahui, sebagai berikut ini.

1. Orientasi

Orientasi merupakan salah satu sebuah awal dari teks ini. Adanya bagian ini biasanya mencakup dalam sebuha pengenalan karakter. Salah satu contonya adalah: Gadis itu sangat teliti dan jeli.

2. Interpretasi

Interpretasi merupakan salah satu sebuah bagian yang isinya tentang pesan moral, evaluasi dan hasil dari suatu masalah yang dialami dalam karakter seseorang.

3. Insiden

Insiden merupakan salah satu sebuah bagian yang mengandung dalam masalah yang telah dihadapi angka. salah satu ocntoh adalah, Dimas lupa mengerjakan tugas sekolahnya karena tadi malam ia ketiduran.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Hampir mirip dengan teks prosedural kompleks yang menggunakan banyak konjungsi, terdapat konjungsi dalam elemen linguistik dari teks instan, berikut ini adalah beberapa unsur-unsur pada teks eksemplum.

  • Kaliamat yang digunakan menggunakan Konjungsi (penghubung).
  • Kalimat yang digunakan menggunakan Kalimat Kompleks.
  • Kalimat yang digunakan menggunakan Kata Rujukan.
  • Adanya menggunakan Kata Kerja.

Ciri – ciri Teks Eksemplum

Cara dalam membedakan pada teks ini dapat dilihat dari teks ulasan atau teks lainnya, terdapat fungsi ataun ciri-ciri yang perlu kita ketahui. Diantaranya sebagai berikut ini.

  • Berisikan tentang peristiwa dengan konten yang tidak diinginkan telah terjadi.
  • Adanya urutan dalam sebuah kejadian yang sangat detail atau jelas tentunya.
  • Memiliki suatu struktur yang sangat lengkap.
  • Dengan menggunakan bahasa yang naratif.

Karakteristik Teks Eksemplum

Berikut ini adalah karakteristik dalam teks ini, diantaranya sebagai berikut ini.

  • Terdapat adanya konten dalam sebuah kejadian atau peristiwa yang tidak sering terjadi.
  • Terdapat adanya dengan sebuah nilai-nilai yang bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi siapa saja yang akan membacanya.
  • Membiarkan sang karakter dengan meminta maaf atas sebuah kejadian hal tersebut.
  • Penulis yang ada yakni dalam tulisan tersebut, yang merupakan salah satu sebuah bagian interpretasi dan kode.

Baca juga : Konjungsi Kausalitas, Pengertian, Jenis & Contoh Kalimatnya

Contoh Teks Eksemplum

Orientasi

Setelah aku pulang sekolah, saatnya aku makan siang. Dan aku pun langsung bergegas untuk mencari makanan yang akan ku makan di di warung, namun arung itu sangat jauh, dan akhirnya aku memutuskan untuk membeli sate di depan toko buk Devi. Ketika aku membeli sate, ternyata ada adikku yang sedang membeli satenya juga. Setelah adikku tiba di rumah, Ia pun langsung memakan sate itu, sementara aku masih menunggu antiran sate itu.

Insiden

Padahal aku sudah sangat lapar sekali dan tidak sabar untuk membuka bungkus sate itu. Akibat dari terburu-buru, aku tidak sengaja membuka bungkus itu terlalu besar dan akhirnya satu tersebut tumpah dilantai serta sate tersebut membasahi pakaian. Dan akhirnya, aku pulang untuk mengganti pakaian dan tidak aku jadi aku makan siang, karena waktuku habis untuk pulang.

Nah, cukup sekian dulu ulasan yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini tentang Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya. Mudah – mudahan dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan selamat bekajar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *