Penjelasan Lengkap Tentang Teks Eksposisi

Teks Eksposisi

Palembangtalk.com – Penjelasan Lengkap Tentang Teks Eksposisi – Hallo, kembali lagi bersama Mimin nih. Kali ini Mimin akan membahas seputar pembelajaran bahasa indonesia. Dan yang menjadi pembahasan kita kali adalah mengenai Teks Eksposisi.

Teks eksposisi merupakan salah satu sebuah teks yang memaparkan sebuah informasi untuk menambah pengetahuan pembaca. Sehingga informasi yang disampaikan dan dipaparkan cenderung singkat, padat, dan akurat.

Di mana terdapat ada 3 struktur yang terdapat pada teks eksposisi ini yaitu ekspresi ucapan (tesis), pernyataan, penalaran, konfirmasi pendapat (pengulangan), yang memiliki sebuah fungsi yang dapat menyampaikan sebuah ide – ide yang berupa pemikiran mengetahui suatu topik.

Silakan simak informasi detail dan rinci mengenai Teks Eksposisi di bawah ini.

Baca juga : Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya

Apa Itu Teks Eksposisi ?

Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi adalah salah satu sebuah paragraf atau esai yang berisikan dengan berbagai ilmu pengetahuan dan juga sebuah informasi yang di reproduksi secara padat, ringkas, dan tentunya akurat.

Jadi, teks tersebut merupakan ragam atau jenis teks yang memiliki sebuah fungsi yang dapat menyampaikan sebuah gagasan atau ide dengan berbentuk sebuah pola pemikiran mengenai sebuah topik yang akan di paparkan. Paragraf tersebut adalah dalam bentuk ilmiah atau dapat disebut dengan non-fiksi.

Dalam jenis paparan dalam teks tersebut begitu sangat sering digunakan sebagai dalam sebuah konteks yang komunikasi secara tulisan dan lisan dalam sehari-hari. Salah satu contohnya adalah di tempat seminar, jadi ketika kalian mendiskusikan seseorang yang berdebat yakni dengan perdebatan dalam bentuk pendapat, dan lain sebagainya.

Untuk bisa memperjelas sebuah deskripsi statistik atau gambar akan ditambahkan. Nah, sebagai catatan, untuk kalian adalah tidak jarang pameran dan berisi sebuah deskripsi dalam bentuk langkah atau sebuah proses kerja. Maka dari itu, paparan tersebut dapat disebut dengan sebuah proses paparan.

Ciri – Ciri Teks Eksposisi

Berikut ini beberapa ciri teks Eksposisi yang perlu kalian ketahui.

  • Harus membuat teks yang padat dan pendek sehingga sehingga sebagai pembaca mudah memahaminya.
  • Menguraikan sebuah informasi dalam berbentuk pengetahuan.
  • Tiidak dengan memihak berarti tidak memaksakan kehendak penulis kepada pembaca.
  • Gaya sebuah informasi dengan cara mengundang.
  • Transmisi dalam teks dalam bahasa yang sederhana dan umum.
  • Secara umum, dapat jawab pertanyaan yakni siapa, apa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
  • Fakta yang dapat digunakan sebagai sebuah alat dan kontribusi yang nyata.
  • Terdapat teks pameran dengan cara obyektif dan netral.
  • Adanya sebuah deklarasi disertai dengan data yang tepat.

Baca juga : Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya

Struktur Teks Eksposisi

Terdapat beberapa struktur dalam teks tersebut, sebagai berikut ini.

1. Judul

Judul bisa harus menggambarkan sebuah sesuatu yang akan dibahas dalam sebuah teks jenis pameran tersebut. Jadi, dalam sebuah judulnya harus dapat ditulis dengan sebuah kata-kata yang bermakna, menarik, dan pendek.

2. Argumentasi atau Alasan

Bagian dari sebuah teks tersebut adalah salah satu sebuah argumen atau alasan. Jadi, panjang serta pendeknya dalam jenis bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang kalian sebutkan dalam pernyataan umum. Dan dengan sebutkan lagi argumen dan jelaskan dalam suatu paragraf.

3. Pernyataan Umum atau Tesis

Dalam bagian Pernyataan Umum atau Tesis bisa memperkenalkan topik saat pembaca dapat di posisikan. Karena dalam sebuah teks tersebut yang telah digunakan dengan seorang penulis ingin mengungkapkan dalam sebuah pendapatnya, dalam seorang pembaca dapat berada dalam sebuah di posisi yang berlawanan atau posisi yang sama dengannya.

4. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Dalam hal ini telah didasarkan dengan suatu argumen yang dapat disajikan di bagian yang sebelumnya. Dalam sebuah pengulangan bentuk pendapat memiliki sifat sukarela, maka dari itu, tidak dapat termasuk pada semua teks tersebut.

Baca juga : Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya

Jenis – Jenis Teks Eksposisi

Ini dia jenis jenis yang terdapat pada Teks Eksposisi .

  • Eksposisi, adalah salah satu sebuah bagian dalam paparan yang bisa uraikan tentang definisi dalam topik tertentu.
  • Eksposisi ilustrasi, adalah salah satu sebuah teks yang berisikan dengan sebuah penjelasan atau informasi tertentu yang memberikan sebuah bentuk deskripsi yang sangat sederhana dalam suatu topik dengan topik lain serta memiliki sebuah kesamaan atau karakteristik yang berupa dalam adanya sebuah hal-hal tertentu.
  • Eksposisi Proses, adalah salah satu sebuah langkah atau cara sebagai melakukan dalam sesuatu dari awal hingga akhir.
  • Eksposisi Laporan, adalah salah satu sebuah bagian dari adanya pameran yang melaporkan penelitian atau pesan tertentu.
  • Eksposisi Pertentangan, adalah salah satu representasi yang mengandung perselisihan antara satu hal dan dalam hal yang lainnya.
  • Eksposisi Perbandingan, adalah salah satu sebuah eksposur dalam sebuah ide utamanya telah disajikan dengan adanya sebuah perbandingan dengan yang lainnya.

Nah, cukup sekian dulu penjelasan yang dapat Mimin bagiaka pada kesempatan kali ini tentang Teks Eksposisi. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel Palembangtalk.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *