Penjelasan Lengkap Mengenai Teks Negoisasi

Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur

Palembangtalk.com – Penjelasan Lengkap Mengenai Negoisasi – Negoisasi merupakan salah satu bentu dimana dalam sebuah tawar menawar yang dilakukan. Salah satu fitur utama teks negoisasi ini adalah seseorang yang memiliki solusi atau ide dan berani membuat keputusan yang saling menguntungkan satu sama yang lain.

Yang berisikan dalam pengajuan baik yang mengajukan proposal maupun mengajukan penawaran. Berisi perjanjian yakni sebagai adanya sebuah hasil negosiasi.

Nah, untuk lebih jelasnya supaya kalian semakin paham. Mimin akan menjelaskannya secara detail dan rinci yang tentunya mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian. Untuk itu, yuk, simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Baca juga : Teks Cerita Ulang, Cek Disini Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Teks Negoisasi

Teks Negosiasi: Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur

Dalam kehidupan sehari-sehari, dalam proses negosiasi merupakan salah satu hal yang umum dilakukan. Bahkan, setiap orang mungkin pernah melakukan kegiatan dalam sebuah tawar menawar, terutama dalam hal hal jual beli.

Dengan kedua pihak yang melakukan negosiasi memiliki hak terhadap hasil yang akan disepakati. Dan hasil akhir dari negosiasi tersebut wajib terdapat dalam persetujuan dari semua pihak dengan kesepakatan bersama – sama.

Tujuan dari negoisasi adalah mencapai kesepakatan di antara dengan pihak-pihak lainnya yang memiliki kepentingan yang berbeda. Nah, di dalam teks negosiasi ini berisikan tnetang kalimat-kalimat mengenai kesepakatan persoalan yang membutuhkan dalam penyelesaian.

Menurut Pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Negosiasi merupakan salah satu sebuah proses tawar-menawar dengan jalan berunding yang berguna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lainnya (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lainnya.

Adapun Ciri – Ciri Teks Negosiasi Menurut Modul Bahasa Indonesia, sebagai berikut.

Teks Negosiasi merupakan salah satu yang memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks negosiasi ditemukan unsur-unsur berikut:

1. Memiliki tujuan untuk menemukan solusi atau pendapat dan menjadi sarana dalam penyelesaian masalah dengan seksama.

2. Dapat menghasilkan dalam kesepakatan atau perjanjian di antara pihak yang berkepentingan.

3. Harus menyelesaikan kesepakatan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

4. Tersedia menempatkan prioritas dengan kepentingan bersama.

5. Memiliki tujuan praktis yaitu dengan media penghasil kesepakatan yang dapat diterima antara – antara pihak-pihak yang berkepentingan.

Unsur Pembangun Teks Negosiasi

Di bawah ini adalah beberapa unsur pembangungan dalam negoisasi, diantaranya adalah:

  • Adanya partisipan, biasanya dalam pihak yang telah memberikan mengajukan sebuah pengajuan, serta pihak yang akan menawarkan. Dalam beberapa negosiasi yang terdapat untuk menyelesaikan konflik (masalah) atau konflik, ada peserta ketiga yang perannya adalah perantara, penengah, atau juga pemandu.
  • Terdapat adanya sebuah perbedaan minat antara kedua belah pihak.
  • Terdapat sebuah kiriman serta dalam penawaran.
  • Terdapat kesepakatan sebagai hasil negosiasi.
    Jika tidak ada kesepakatan, itu berarti tidak ada negosiasi.

Jenis – Jenis Teks Negosiasi

Terdapat beberapa jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Negosiasi berdasarkan Situasi

  • Negosiasi Non-Formal atau Informal
    Negosiasi seperti ini dapat dan sering kita temui kapan saja, di mana saja dan dengan siapa pun. Contohnya negosiasi antara pedagang dan pembeli. Negosiasi seperti ini tidak memerlukan perjanjian hukum khusus.
  • Negosiasi Formal
    Negosiasi formal merupakan salah satu dimana negosiasi yang berlangsung dalam situasi formal. Karakteristiknya merupakan salah satu adanya dimana perjanjian dalam suatu hukum atau hitam putih, yang sah. Karena itu, pelanggaran hukum bisa dijatuhkan. Nah, salah satu contohnya negosiasi antara dua dalam sebuah perusahaan.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Konjungsi Koordinatif, Cek Disini

b. Negosiasi Berdasarkan Jumlah Negosiator

  • Negosiasi Tanpa Pihak Penengah
    Negosiasi tanpa pihak penengah yang satu ini diarahkan dengan dua negosiator dan lebih banyak lagi tanpa mediator. Keputusan negosiasi ini tergantung pada pihak yang bernegosiasi. Contohnya dalam negosiasi antara perwakilan OSIS dan sponsor.
  • Negosiasi Dengan Pihak Penengah
    Negosiasi ini dapat dilakukan dengan dua atau lebih negosiator, dan ada juga mediator. Tugas mediator adalah untuk dapat membuat keputusan akhir dalam negosiasi yang sedang berlangsung. Contohnya adanya sebuah proses hukum

Baca juga : Kalimat Aktif Transitif, Intransitif, Pasif Transitif

Sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Penjelasan Lengkap Mengenai Negoisasi. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dana menambah wawasan bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *