Pengertian, Struktur Berserta Contoh Dari Teks Tantangan

Pengertian, Struktur Berserta Contoh Dari Teks Tantangan

Palembangtalk.com Pengertian, Struktur Berserta Contoh Dari Teks Tantangan – Teks tantang adalah salah satu jenis teks yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, mungkin ada sebagian besar kalian merasa sedikit asing dengan teks tantangan. Maka dari itu admin akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai teks tantangan mulai dari struktur dan contohnya.

Tetapi sebelum kalian mengetahui struktur dan contoh dari teks tantangan maka kalian harus mengetahui pengertian dari teks tantangan tersebut, silahkan kalian simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Dari Teks Tantangan

Teks tantangan merupakan sebuah teks yang memiliki kandungan informasi mengenai tangkisan terhadap suatu halal yang tengah menjadi perdebatan atau kontrivesial di tengah masyarakat. Teks ini biasanya dilengkapi dengan daya serta argumen yang dapat memperkuat tangkisan tersebut.

Nah, setelah kalian mengetahui pengertian dari teks tantangan, kalian harus mengetahui struktur dari teks tantangan tersebut, berikut ini beberapa ulasan mengenai struktur dari teks tantangan, silahkan kalian simak ulasannya di bawah ini.

Struktur Dari Teks Tantangan

Pada teks tantangan terdapat 3 struktur di dalamnya untuk membangunnya sehingga menjadikan teks tersebut menjadi utuh, berikut ini beberapa struktur teks tantangan yang perlu kalian ketahui di bawah ini.

  • Pengantar atau suatu Isu adalah bagian yang mempunyai kandungan topik yang hendak di ditangkis oleh teks tantangan tersebut.
  • Argumen adalah bagian yang mempunyai kandungan rangkaian alasan mau pun bukti dengan tujuan untuk mendukung suatu bantahan tersebut.
  • Kesimpulan mempunyai kandungan pernyataan yang menegaskan bantahan yang diutarakan di dalam teks tantangan.

Kaidah Kebahasaan Dari Teks Tantangan

Teks tantangan ini sama dengan jenis teks yang lainnya, teks tantang ini mempunyai 4 kaidah kebahasa yang harus kalian ketahui sebelum kalian akan membuat teks tantangan. Berikut ini adalah kaidah kebahasan yang harus ada di dalam teks tantangan tersebut.

Seperti yang telah disebut diatas bahwa teks ini mempunyai 4 kaidah kebahasaan yang harus kalian ketahui sebelum membuat sebuah teks tantangan:

  • Kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu kata kerja.
  • Kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan suatu kata.
  • Kata rujukan adalah kata yang menunjukkan sebuah rujukan sebagai pemberi informasi.
  • Pilihan kata yang tepat digunakan untuk gagasan teks agar bisa disampaikan dan diterima dengan baik.

Cara Menyusun Teks Tantangan

Ketika kalian ingin menyusun teks tantangan hal yang pertama yang wajib kalian perhatikan adalah kalian harus menentukan tema dan judul teks terlebih dahulu, kemudian kalian cari narasumber informasi yang akan kalian jadikan sebagai bahan pembicaan, dan kalian harus menganalisis bahan dan cara mengolah data mau pun informasi sehingga dapat menjadi pernyataan seperti di bawah ini.

Untuk menyusun teks tantangan hal pertama yang wajib sahabat belajar perhatikan adalah dengan mnentukan tema dan judul teks terlebih dahulu, kemudian mencari sumber informasi yang hendak dijadikan bahan pembicaraan, jangan lupa untuk menganalisis bahan dengan cara mengolah data mau pun informasi sehingga dapat menjadi pernyataan seperti berikut ini :

  • Penyusun kalimat seperti kalimat topik di setiap struktur teks.
  • Melakukan pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.
  • Menyusun setiap paragraf sesuai dengan strukturnya.
  • Menyunting kalimat sesuai dengan unsur kebahasaan-nya.
  • Menggabungkan setiap paragraf menjadi teks yang padu.

Dan hasil dari analisis tersebut, dapat kalian gunakan untuk menyusun teks dengan urutan struktur sampai menjadi teks tanganan yang utuh.

Contoh Teks Tantangan dan Strukturnya

Aagra kalian lebih mengetahui tentang teks tantangan maka admin akan memberikan contoh dari teks tantang untuk kalian semua berserta dengan strukturnya.

Pengantar (Isu)

Narkoba saat ini dikenal sebagai suatu bahan aktif yang tersusun dari beberapa rangkaian dan juga campuran dari sebuah bahan yang sangat bahaya. Yaitu bahan Campuran yang terdapat di dalam narkoba termasuk ke dalam golongan bahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.

Argumen

Pada saat ini banyak orang yang percaya bahwa narkoba merupakan obat yang terlarang dan juga sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun, sebenarnya tidak selamanya fakta tersebut benar, karena sebenarnya narkoba adalah suatu obat yang tidak jarang digunakan di dalam ilmu medis, kebutuhan narkoba juga sangat banyak untuk para penderita penyakit.

Akan tetapi narkoba yang diberikan oleh dokter pada pasien pun tentu harus sesuai dengan ilmu medis yang berbasis dengan kesehatan yang ada, sehingga tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh.

Namun jika melihat pengguna narkoba yang berada di jalanan kemudian kalian akan melihat pengguna narkoba itu akan menjadi gila karena penyalahgunaan obat obatan terlarang tersebut.

Kesimpulan

Narkoba sebenarnya tidak bahaya, jika narkoba digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Namun kalian harus menggunakannya dengan hati-hati atau nanti menjadi disalahgunakan oleh oknum tertentu. Maka dari itu narkoba menjadi citra buruk di mata masyarakat saat ini.

Dari sini kalian dapat mengambil kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan yang ada di atas. Jika teks tantangan merupakan teks bantahan terhadap suatu hal yang masih hangat di masyarakat, lalu di dalam penulisannya harus memperhatikan struktur dan juga kaidah kebahasaannya.

Demikian pembahasan Pengertian, Struktur Berserta Contoh Dari Teks Tantangan ini, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *