Tim Dokter Sebut Varian Delta, Bisa Menular Sampai Ke 8 Orang

Tim Dokter Sebut Varian Delta, Bisa Menular Sampai Ke 8 Orang

Palembangtalk.comTim Dokter Sebut Varian Delta, Bisa Menular Sampai Ke 8 Orang – Virus Covid-19 Varian Delta (B.1.617.2) yang merupakan hasil mutasi dari India, terbukti lebih berbahaya dibanding Virus Covid-19 awal yang muncul di Kota Wuhan, di China.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari keterangan dokter Adam Prabata di akun Instagram @adamprabata yang dilihat pada hari Jumat (18/6/2021), varian Delta ini 3 kali lebih menular dibanding virus covid-19 yang awal muncul di indonesia.

Adam juga mengatakan, seseorang yang terinfeksi varian Delta bisa menularkan virus Covid-19 kepada 8 orang, sementara Virus Covid-19 awal muncul hanya menularkan kepada 2 orang saja.

Dan ia mengatakan juga, bahwa varian delta juga lebih berbahaya karena 2,16 kali meningkatkan risiko rawat inap di rumah sakit, dan 1,67 kali meningkatkan risiko membutuhkan penanganan gawat darurat.

Dan selanjutnya, Adam mengatakan bahwa varian Delta masih bisa terdeteksi oleh pemeriksaan berbasis metode polymerase chain reaction (PCR).

Baca juga: Sebanyak 577 Pengendara Kabur Saat Tes Covid-19 Di Suramadu

“Informasi yang beredar bahwa tentang varian Delta tidak bisa terdeteksi oleh alat tes PCR atau tidak tepat,” terangnya.

Dan tentang gejala nya, Adam mengatakan, bahwa belum pasti gejala yang dialami orang terinfeksi varian delta berbeda dengan virus covid-19 yang awal muncul.

Sampai saat ini, lanjutnya, belum ada hasil penelitian atau hasil laporan yang di publikasi yang menunjukkan varian Delta memiliki gejala berbeda.

Kandidat PHD di Universitas Kobe ini menambahkan, bahwa varian Delta berpotensi menurunkan efektivitas vaksin Covid-19 yang ada saat ini.

Dia mencontohkan vaksin yang diproduksi Pfizer dan AstraZeneca bila diberikan hanya dalam satu dosis, maka efektivitas berkurang. Tetapi, apabila diberikan dalam dua dosis, maka efektivitasnya bisa terjaga.

semua masyarakat harus segera mengikuti vaksin agar imunitas tubuh dapat terjaga.

Maka semua masyarakat harus segera di vaksin agar imunitas tubuh kita dapat terjaga dan bisa melindungi kita dari dampak virus covid-19.

Baca juga: Covid-19 Naik Lagi, Masyarakat Diminta Perketat Prokes

Varian delta virus covid-19 dikhawatirkan Lebih Mudah Menyerang di kalangan Anak-anak yang ada di indonesia. Dan varian delta yang berasal dari india, sudah menyebar ke indonesia khususnya di beberapa Ibukota di indonesia.

Baca juga: Covid-19 Naik, Bekasi Perpanjang PPKM Mikro Sampai 30 Juni

Varian Delta ini terbukti lebih mudah menginfeksi dan menyebar dengan cepat ke tubuh manusia. Karena itu, Prof Ari menyarankan, jika Anda berada satu ruangan dengan orang yang terinfeksi varian Delta dan orang tersebut bersin atau berbicara, maka virus akan lebih cepat berpindah ke anda atau orang lain.

“Dengan begitu, sangat penting bagi semua orang untuk memperketat protokol kesehatan seperti harus sering menggunakan masker diseluruh tempat, rutin mencuci tangan dengan sabun saat sedang melakukan aktivitas kerja atau sudah menyelesaikan aktivitas, lalu menjaga jarak minimal satu meter, menjauhi keramaian di setiap tempat yang sedang anda kunjungi, dan mengurangi mobilitas. Dan Vaksinasi juga harus terus dilakukan,” saran Prof Ari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *