Tower Bandara Ilaga Telah Terjadi Kebakaran, Penyebab Kontak Tembak Paskhas KKB

PalembangtalkTower Bandara Ilaga Telah Terjadi Kebakaran, Penyebab Kontak Tembak Paskhas KKB – Menara atau tempat tower wajib Kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara dan Kantor AirNav di Ilaga, banyak kabupaten tersebut banyak terbakar terkait dengan kontak tembak antara kelompok kriminal bersenjata dengan Anggota TNI.

Banyak juga akan terjadi pada Kamis (3/6) sekitar pukul 17.50 WIT. Mereka pun saling berusulan atau mengambil senjata mereka untuk musuh. TNI pun melihat bandara kebakaran sampai pun pesawat terbakar.

Akhirnya Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (4/6). Mereka pun bergegas untuk melakukan peperangan dan Anggota TNI pun sangat merah, akhirnya mereka pun harus memulai peperangan sekian lamanya.

Mereka mengatakan bahwa bangunan tersebut terduga memiliki suatu dinding kayu dan setinggi dua lantai. Iqbal belum juga dapat menuruskan lebih lanjut dengan kronologi yang penyebabkan pembakaran itu terjadi dalam kebakaran tersebut.

TNI juga mengatakan bahwa kebakaran itu telah ada sebelum kontak tembak antara TNI dengan KKB di sekitar bandara. Tetapi TNI sangat curiga dengan terhadap kebakaran bandara TNI sampai habis terbakar dan melakukan apa yang mereka lihat.

Tower Bandara Ilaga Telah Terjadi Kebakaran, Penyebab Kontak Tembak Paskhas KKB

Mereka akan jadi kontak tembak antara Anggota TNI Paskhas (Korps Pasukan Khas TNI AU), Raider 500, dan KKB di daerah Bandara dari info via HT dari Paskhas juga terbakar Tower di Bandara, dan mereka hany bisa melihat dan bersedih dengan apa yang mereka lihat.

Biar mereka yang melakukan pada Nasional Papua Barat-Organisasi dan Papua Merdeka (TPNPB-OPM) sendiri sempat waktu menabuh genderang perang dengan aparat TNI-Polri. Mungkin mereka telah akan memilih untuk melakukan dengan lokasi perang di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Mereka berbicara juga mengatakan tempat lokasi tersebut dipilih juga karena diklaim jauh dari jangkauan warga sipil. Mereka akan bersiap-siap untuk bertempur atau membalas mereka, dan yang lain sangat terkejut dengan kejadian tersebut.

TNI juga mengaku tidak masalah dengan Anggota sedang menyatakan TNI dan Polri siap juga menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Apalagi sejak itu peristiwa kontak tembak antara terhindarkan. Ternyata, kelompok separatis bersenjata yang kini telah dicap sebagai teroris sebab pemerintah menembak sampai mati seorang petukang bangunan di Kampung eronggobak, Distrik Ilaga, Papua pada Kamis (3/6).

Gabungan TNI-Polri dan dipimpin oleh Kapolres Puncak saat di lokasi sekitar pukul 14.00 WIT dan mengevakuasi korban. Banyak rombongan masih ditembaki oleh KKB yang menunggu kedatangan anggota.

Sedangkan sebanyak tiga kali dan terjadi dalam kontak tembak sekitar 15 menit,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6).

Bandara Ilaga Papua juga Ditutup

Akhirnya musibah bandara Aminggaru di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, ditutup sementara. Bandara itu ditutup sementara usai bangunan hingga pesawat parkir dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sementara waktu bandara Aminggaru di tutup juga untuk penerbangan sebab situasi keamanan,” kata Kepala Unit Penyelenggara terjadinya Bandara Udara (UPBU) Ilaga, Herman Sujito, saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/6/2021).

Jikalau Herman tidak menjelaskan kapan bandara ia akan kembali dibuka. Dia hanya inggin menegaskan bandara baru akan dibuka jika situasi sudah aman.

Jikalau sudah ada pemberitahuan dari keamanan bahwa kawasan bandara sudah aman baru akan dibuka kembali,” ujarnya. Tetapi mereka akan menutupi perbatasan wilayah tersebut.

KKB telah membakar tower atau bangunan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Ilaga dan juga merupakan kantor UPBU dan Kantor Airnav, saat Bandara Aminggaru. Telah terjadinya peristiwa pembakaran itu terjadi pada Kamis (3/6) kemarin.

Terlintas pesawat yang tengah parkir di bandara juga dibakar kelompok teroris KKB. Pesawat yang dibakar itu milik PT Dabi Air. Dan anggota TNI sangat marah dengan kejadian ini semua.

Ada satu Unit pesawat yang sedang terparkir di bandara di bakar,” kata Herman. Tetapi sudah terbakar dengan api sangat besar, TNI juga sangat marah apa yang telah terjadi saat itu.

Sedangkan Herman juga menambahkan, pesawat milik PT Dabi Air yang dibakar itu parkir di Bandara Aminggaru Ilaga sejak pada Maret 2019. Akhirnya Pesawat juga sebelumnya sempat mengalami insiden saat landing 2 tahun lalu.

Kelompok kriminal bersenjata juga membakar tower di Bandar Udara Aminggaru Ilaga, dengan Kabupaten Puncak, Papua. Kemungkinan berdekatan hari peristiwa pembakaran bangunan di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Ilaga yang juga merupakan kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) dan Kantor Airnav.

Kapolda TNI Papua Irjen Mathius Fakhiri juga banyak tower di Bandara Aminggaru Ilaga. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (3/6) malam. Setelah membakar tower, KKB juga membakar ruang tunggu bandara, perumahan perhubungan udara, dan satu rumah warga.

Melalui KKB dan personel Paskhas TNI AU yang bertugas mengamankan bandara juga sempat terjadi. Sebelum musibah kebakaran. TNI bersiap untuk senjata melawan musuh yang telah di bakar milik TNI Indonesia.

Dengan kata-kata Irjen Mathius Fakhiri seperti dilansir Antara, Jumat (4/6/2021). Semua anggota TNI pun sanggat marah dan mereka ingin balas dendam dengan kelakuan yang terjadi kepada mereka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *