Pengertian, Fungsi Dan Berserta Contoh Unsur Unsur Seni Rupa

Pengertian, Fungsi Dan Berserta Contoh Unsur Unsur Seni Rupa

Palembangtalk.comPengertian, Fungsi Dan Berserta Contoh Unsur Unsur Seni Rupa – Seiring dengan perkembangan zaman, seni telah mengalami banyak perubahan. Ketika berbicara tentang seni, maka tidak akan ada habisnya. Karena senu adalah wujud ekspresi seseorang dalam menumpahkan imajinasinya yang berupa kehindahan, cerita atau curahan hati yang menghasilkan sebuah karya seni.

Karya seni bisa dinikmati ketika seseorang dapat mendalami makna yang terkandung di dalam karya seni tersebut. Apakah kalian termasuk seseorang yang tertarik dengan keindahan karya seni? Jika tertarik maka silahkan kalian simak ulasan mengenai seni rupa, yang mulai dari pengertian, unsur, jenis dan contohnya di bawah ini.

Pengertian Dari Seni Rupa

Seni rupa sendiri adalah suatu cabang kesenian yang terbentuk melalui adanya karya seni dengan menggunakan sebuah media yang di mana dapat dilihat secara nyata dan dapat juga dirasakan atau disentuh menggunakan indera peraba atau tangan.

Dari penjelasan tadi dapat disimpulkan bahwa seseorang yang menciptakan atau membuat karya seni akan melupakan segala ekspresinya dengan menciptakan sebuah kehindahan, kecintaan dan semua hal yang dituangkan melalui media yang dapat dilihat secara langsung maupun dirasakan dengan indra peraba.

Unsur Unsur Seni Rupa

Bagi kalian yang sudah mengetahui mengenai pengertian seni rupa, selanjutnya admin akan menjelaskan mengenai apa saja unsur-unsur dari seni rupa, silahkan kalian simak penjelasan-nya di bawah ini.

  1. Titik adalah unsur yang tergolong paling kecil dan paling dasar dari segala seni yang akan kalian ciptakan
  2. Garis merupakan suatu hal yang menjadi salah satu unsur penggabung dari titik. Garis memiliki banyak ragam yang dimana setiap garis yang diciptakannya akan membentuk sebuah watak dan ciri khas yang dapat menjelaskan maksud dari hasil karya yang kalian ciptakan tersebut apakah bersifat keras, luntur, kaku dan lain sebagainya.
  3. Bidang adalah suatu pengembangan dari sebuah garis-garis yang digabungkan akan membentuk suatu sisi yang tergabung dalam hasil karyanya.
  4. Bentuk adalah suatu unsur yang sangat berperan karena melalui bentuk sebuah hasil karya seni yang dihasilkannya akan terlihat lebih hidup sehingga akan menghasilkan sebuah karya seni yang sangatlah indah.
  5. Ruang adalah suatu unsur yang memiliki dua sifat yang berbeda yaitu semu dan nyata. Kedua sifat itu akan menghasilkan apakah itu dua dimensi atau tiga dimensi.
  6. Warna adalah suatu unsur yang sangatlah penting bagi sebuah karya seni, karena dengan adanya sebuah warna akan menghasilkan sebuah karya seni yang sangat menarik dan indah dilihat. Perpaduan warna akan mengetahui seorang seninya apakah sedang dalam suasana sedih atau pun senang dan lainnya.
  7. Tekstur adalah suatu sifat atau keadaan yang ada pada suatu hasil karya. Tekstur dapat kalian bedakan menjadi dua diantaranya ialah tekstur semu, tekstur semu adalah tekstur yang kesannya tidak sama antara penglihatan dengan indera peraba. Sedangkan tekstur nyata adalah tekstur yang mempunyai kesan yang sama antara indera penglihatan dengan indera peraba.
  8. Gelap terang adalah suatu unsur yang sanagt keren karena dapat menjadikan suatu hasil karya yang diciptakan akan terlihat nyata dan dalam pengerjaannya sangat memperhatikan intensitas cahaya dari objek yang digunakannya untuk membuat suatu karya seninya.

Fungsi Dari Seni Rupa

Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh Seni Rupa yang dapat kalian ketahui, di bawah ini:

Fungsi Individu

Fungsi individu adalah fungsi seni rupa yang satu digunakan untuk memuaskan hatinya sendiri. Artinya adalah seseorang yang menciptakan hasil karya tersebut hanya untuk mengekspresikan dari dalam dirinya dan hanya untuk memuaskan batinnya. Maka hasil karya tersebut akan menghasilkan sebuah karya yang akan memancarkan aura yang sangat begitu mendalam. Karena hasil karya yang dibuat berdasarkan ungkapan ekspresi dari seseorang maupun keadaan hari sedang sedih maupun senang.

Fungsi Sosial

Fungsi seni rupa yang kedua ini adalah seni yang akan memberikan rasa yang puas kepada orang banyak, contohnya seperti seni rupa yang tertuang dalam rekresi sehingga dapat dinikmati banyak orang dan lain-lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, fungsi dan berserta contoh unsur-unsur seni rupa yang admin sajikan untuk kalian semua, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *