Vaksinasi Covid Tahap Ketiga Dimulai, Usia Lansia Tetap Diutamakan

Vaksinasi Covid Tahap Ketiga Dimulai, Usia Lansia Tetap Diutamakan

Palembangtalk.comVaksinasi Covid Tahap Ketiga Dimulai, Usia Lansia Tetap Diutamakan – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih, kali ini admin akan membahas informasi mengenai berita Vaksinasi Covid Tahap Ketiga Dimulai, Usia Lansia Tetap Diutamakan. Yuk simak dan ikuti ulasan-ulasan yang akan admin bagikan ini sampai selesai.

Baca juga: Guru TK Dipecat karena Pinjaman Online, OJK Minta Warga Hati-hati Dalam Berutang

Pemerintah Indonesia sudah memulai program vaksinasi virus corona (Covid-19) tahap ketiga. Kementerian Kesehatan tetap mengutamakan kalangan lanjut usia sebagai target penerima vaksin tahap ketiga.

Baca juga: Remaja Cantik Asal Wonogiri Hilang, Sudah 3 Hari Tidak Pulang

Diketahui, total ada sekitar 21.553.118 warga lanjut usia di Indonesia. Sejauh ini, sejak vaksinasi tahap pertama dilaksanakan, dua dosis vaksin untuk lansia baru terealisasi 9,02 persen.

“Vaksinasi tahap tiga kita mulai dengan kelompok rentan dulu ya, namun prioritas tetap pada lansia,” kata Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkat kepada Berita stasiun tv, Kamis (20/5).

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Hari Ini, Berikut Cara Pendaftarannya

Nadia menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya menjalankan program vaksinasi nasional kepada total sasaran 181,5 juta penduduk Indonesia. Tujuannya, menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona pada masyarakat.

Baca juga: Dalang Perampokan dan Pemerkosaan ABG, Sempat Kabur ke Bogor

Capaian target itu dibagi menjadi empat tahapan. Pertama, menyebar 1,4 juta tenaga kesehatan, kemudian tahap kedua secara paralel menyebar 21,5 juta lansia dan 17,3 petugas pelayanan publik.

Baca juga: Polisi Selidiki Kasus Pelecehan Anak, Di Masjid Pangkalpinang

Foto: Vaksinasi Covid Tahap Ketiga Dimulai, Usia Lansia Tetap Diutamakan

Kemudian tahap ketiga menyebar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi 63,9 juta orang. Tahap keempat menyebar 77,4 juta orang yang merupakan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Kemenkes, lanjut Nadia, sejauh ini juga telah berupaya menerapkan laju vaksinasi lansia. Ada sejumlah upaya yang dilakukan.

Baca juga: Positif Covid Tambah 4.871 Kasus, Meninggal Dunia 192 Orang

Mulai dari satu anak muda dapat divaksinasi jika membawa dua lansia untuk ikut juga divaksinasi, membuka sentra vaksinasi di kota-kota besar yang dibantu pihak swasta, hingga ‘door to door’ oleh ketua RT/RW setempat. agar dapat menyebarkan vaksinasi tersebut kepada masyarakat umumnya.

“Secara paralel ya (vaksinasi), untuk itu tentunya kami mendorong lansia bersama keluarganya mendapatkan vaksin,” kata Nadia.

Baca juga: Polisi Tangkap Anak Pengdangdut Rita Sugiarto, Akibat Kasus Narkoba

Vaksinasi tahap ketiga ini di utamakan untuk usia lansia karena, usia lansia lebih rentan terinfeksi virus corona. Maka dari itu pemerintah memberikan vaksinasi tahap ketiga agar dapat mencegah virus corona dan menambah kekebalan tubuh terhadap orangtua lansia tersebut

Baca juga: Daftar Daerah yang Masuk, Zona Merah dan Hijau Covid-19 di Indonesia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *