Waspada! Varian Delta Bikin Kasus Covid-19

PalembangtalkWaspada! Varian Delta Bikin Kasus Covid-19 – Berbahayanya Virus Corona varian delta menjadi sorotan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin lantaran ditemukan di DKI Jakarta, Bangkalan, dan Kudus. Sebetulnya apa itu Corona varian delta?

Corona varian deltake mungkinan pertama kali ditemukan di India. Baru ini ada Varian baru Corona itu lalu diteliti oleh ahli epidemiologi asal Inggris dan diberi nama varian B1617.2. Varian delta ini disebut 60 persen lebih mudah menular dibandingkan varian Alpha atau B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris.


Kemungkinan tersebut juga dikonfirmasi oleh Budi Gunadi yang menyebutkan ledakan COVID-19 di Kudus dipengaruhi oleh varian Corona India B1617.2 atau varian delta. Menurut Budi akan, penularan varian baru tersebut disebabkan oleh banyaknya pekerja migran Indonesia yang pulang dan juga aktivitas di kawasan pelabuhan laut.

Waspada! Varian Delta Bikin Kasus Covid-19

“Banyak penyebab karena kemarin pada saat liburan, rakyat kita mungkin sebagian besar sudah euforia karena sudah mulai vaksinasi. Kedua juga masuknya strain baru yang penularannya cepat sekali, sehingga kita mulai melihat ada kenaikan (kasus) yang signifikan di beberapa daerah, khususnya Jawa Tengah,” ujar Budi.

Kemungkinan memang sudah terkonfirmasi itu adalah varian baru yang kita amati masuknya banyak dari pekerja migran di Indonesia, juga ada banyaknya melalui pelabuhan – pelabuhan laut. Pelabuhan udara akanbiasanya sudah kita jaga dengan baik,” lanjutnya.

Baca juga : Kasus Covid-19 Meningkat, DPR Minta Sekolah Tatap Muka Ditunda

Gejala Corona Varian Delta

Dokter juga menyebut belum ada kepastian soal gejala infeksi varian Delta. Meskipun belum banyak penjelasan terkait varian ini, para dokter mencatat gejala pasien varian Delta mencakup:

– Demam

– Sesak napas

– Kelelahan

– Nyeri otot atau tubuh

– Sakit kepala

– Kehilangan rasa atau bau (anosmia)

– Sakit tenggorokan

– Hidung tersumbat atau pilek

– Mual atau muntah

– Diare

Varian Delta Dominasi DKI, Bangkalan, dan Kudus

Kemungkinan Budi Gunadi melaporkan akan perkembangan kasus Corona di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemungkinan ini, Budi menyampaikan Corona varian Delta mendominasi di Kudus, Bangkalan dan Jakarta.

Kami juga akan menambahkan melaporkan juga ke beliau kenapa ini penting karena beberapa daerah seperti Kudus kemudian, DKI Jakarta dan juga di Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian deltanya atau B1617.2 kemudian varian dari India mendominasi,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (14/3/2021).

Baca juga : Kasus Covid-19 Naik, DKI Perpanjang PPKM Mikro Sampai 28 Juni

Budi juga mengatakan varian ini lebih cepat penularannya. Karena membuat, dia meminta penerapan protokol kesehatan diperketat. Banyak manusia yang terkena covid-19 hanya tidak memakai masker dan banyak juga yang tidak olaraga.

Sebab karena itu penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan ini perlu benar – benar kedua hal tadi dipercepat atau diperhatikan, implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi, kemungkinan banyak warga yang tidak mau di vaksin soalnya takut karena terkena covid-19 .

Ada 28 Kasus Corona Varian Delta di Kudus

Kondisional ini, Bupati Kudus HM Hartopo juga mengkonfirmasi hal tersebut. Akan menyebut sejauh ini ada 28 kasus di Kudus yang memang merupakan Corona varian delta. Soalnya daerah sekitar kita sudah terkena covid -19 sebab banyak manusia sensara.

Sesudah ada penelitian dari UGM, yang di sini ada varian baru B.1617.2 yang diambil sampel. Dulu, by name by addres belum tahu siapa itu yang kena varian baru, kemarin ada 34 yang keluar 28 ada varian baru (B.1617.2),” ucapnya.

Varian Delta memengaruhi sistem imun Varian B.1.617.2 di India telah membuat negara tersebut dihantam tsunami Covid-19. Akibat penyebaran varian Covid-19 tersebut, India mencatatkan rekor infeksi harian hingga lebih dari 4.000 kasus, dengan angka kematian yang sangat tinggi.

Baca juga : Pejalan Kaki Diduga Korban Tabrak Lari, Tewas Di Kemayoran

Tidak melumpuhkan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan, tetapi juga membuat fasilitas krematorium di negara tersebut kewalahan menerima jenazah pasien Covid-19. Kemungkinan Varian Delta di Indonesia diketahui telah menyebar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di daerah ini.

Banyak juga manusia yang sudah terkena virus. Gitu pun banyak juga manusia tidak mau di vaksin apa lagi meriksa tubuhnya, soalnya takut terkena corona -19.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *